Ragam
Oleh M Anwar pada hari Selasa, 13 Feb 2018 - 16:03:06 WIB
Bagikan Berita ini :

Kulit Cantik dengan Probiotik

23084497600_1495331509-003103300_1492487992-034051800_1490598764-Kulit-Cantik1.jpg
Ilustrasi: kulit cantik dan sehat. (Sumber foto : dok istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -- Setelah hyaluronic acid menjadi primadona kandungan dalam berbagai produk perawatan kulit, kini pada 2018 kandungan probiotiklah yang menjadi primadona.

Kandungan probiotik pun telah banyak dimanfaatkan untuk produk skin care. Seorang dokter kecantikan yang cukup populer di kalangan selebriti di New York, Dr Whitney Bowe, menurtukan, probiotik biasanya terkandung dalam produk makanan khususnya susu dan yoghurt.

Probiotik juga dikenal sebagai jenis bakteri yang memiliki manfaat baik bagi tubuh karena kaya antioxidant dan anti inflammatory yang mampu meregulasikan imun pada tubuh.

“Para ilmuwan di Eropa dan Amerika pun melakukan penelitian lebih lanjut pada bakteri ini. Hasilnya, setelah probiotik dikembangkan menjadi formula di dalam skin care, ternyata memiliki manfaat yang baik untuk kulit,” Dr Bowe.

Lebih lanjut Dr Bowe menjelaskan, skin care yang mengandung probiotik dapat menghasilkan peptide antimikroba yang merupakan antibiotik alami. Antibiotik ini bermanfaat untuk memerangi bakteri jahat di kulit, salah satunya untuk mengatasi jerawat.

“Selain itu, kandungan probiotik bersifat sebagai zat anti-inflamasi yang baik untuk mengatasi peradangan serta berbagai permasalahan kulit, seperti eksim dan rosacea ,” tambah Dr. Bowe.

Selain mampu membatasi pertumbuhan mikroorganisme serta menjadi zat an tiinflamasi, probiotik juga dapat mengurangi kondisi kering pada kulit serta memiliki efek antipenuaan dini.

Menurut Dr Bowe, dalam hal ini, probiotik bertindak seperti perisai pelindung yang ada di permukaan kulit. Tak hanya mampu mengurangi tanda-tanda penuaan dini di kulit, menurut Dr Bowe, kandungan probiotik ternyata dapat mengurangi berbagai masalah hiperpigmentasi yang disebabkan faktor perusak eksternal.

Misalnya saja, paparan sinar matahari, debu, dan juga polusi. “Selain itu, probiotik yang terdapat pada skin care juga dapat mencerahkan wajah dengan mengangkat tumpukan sel-sel kulit mati,” ujar Dr Bowe. Sementara itu, menurut dokter kulit Dr Francesca Fusco, kondisi kulit kadang terlalu kering atau berminyak.

Belum lagi kondisi lingkungan yang bisa menyebabkan inflamasi. Untuk mendapatkan kulit flawless dan glowy , maka Dr Fusco menyarankan menggunakan skin care mengandung probiotik. “Untuk kulit, probiotik cara kerjanya sama seperti di sistem pencernaan. Probiotik membantu menyeimbangkan kondisi kulit,” kata Dr Fusco. (aim)

tag: #kesehatan  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Ragam Lainnya
Ragam

Film Buya Hamka Luar Biasa, Wajib Ditonton dan Perlu

Oleh Abdullah Al Faqir/Adang Suhardjo
pada hari Sabtu, 29 Apr 2023
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketika saya menerima undangan dari Chandra Tirta W saat itu saya sedang di Bandung, dan saya mempercepat kepulangam ke Jakarta dari rencana sebelumnya akan pulang hari ...
Ragam

Abdul Wachid Gelar Acara Bukber dan Santunan Bersama 1000 Anak-anak Yatim dan Piatu

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Anggota DPR RI dari fraksi partai Gerindra, Abdul Wachid mengadakan acara buka bersama dan santunan bagi seribuan anak-anak Yatim dan Piatu di kediamannya. Rangkaian ...