Kulit Cantik dengan Probiotik
Oleh M Anwar pada hari Selasa, 13 Feb 2018 - 16:03:06 WIB

Bagikan Berita ini :

23084497600_1495331509-003103300_1492487992-034051800_1490598764-Kulit-Cantik1.jpg
Sumber foto : dok istimewa
Ilustrasi: kulit cantik dan sehat.

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -- Setelah hyaluronic acid menjadi primadona kandungan dalam berbagai produk perawatan kulit, kini pada 2018 kandungan probiotiklah yang menjadi primadona. 

Kandungan probiotik pun telah banyak dimanfaatkan untuk produk skin care. Seorang dokter kecantikan yang cukup populer di kalangan selebriti di New York, Dr Whitney Bowe, menurtukan, probiotik biasanya terkandung dalam produk makanan khususnya susu dan yoghurt. 

Probiotik juga dikenal sebagai jenis bakteri yang memiliki manfaat baik bagi tubuh karena kaya antioxidant dan anti inflammatory yang mampu meregulasikan imun pada tubuh. 

“Para ilmuwan di Eropa dan Amerika pun melakukan penelitian lebih lanjut pada bakteri ini. Hasilnya, setelah probiotik dikembangkan menjadi formula di dalam skin care, ternyata memiliki manfaat yang baik untuk kulit,” Dr Bowe. 

Lebih lanjut Dr Bowe menjelaskan, skin care yang mengandung probiotik dapat menghasilkan peptide antimikroba yang merupakan antibiotik alami. Antibiotik ini bermanfaat untuk memerangi bakteri jahat di kulit, salah satunya untuk mengatasi jerawat. 

“Selain itu, kandungan probiotik bersifat sebagai zat anti-inflamasi yang baik untuk mengatasi peradangan serta berbagai permasalahan kulit, seperti eksim dan rosacea ,” tambah Dr. Bowe. 

Selain mampu membatasi pertumbuhan mikroorganisme serta menjadi zat an tiinflamasi, probiotik juga dapat mengurangi kondisi kering pada kulit serta memiliki efek antipenuaan dini. 

Menurut Dr Bowe, dalam hal ini, probiotik bertindak seperti perisai pelindung yang ada di permukaan kulit. Tak hanya mampu mengurangi tanda-tanda penuaan dini di kulit, menurut Dr Bowe, kandungan probiotik ternyata dapat mengurangi berbagai masalah hiperpigmentasi yang disebabkan faktor perusak eksternal. 

Misalnya saja, paparan sinar matahari, debu, dan juga polusi. “Selain itu, probiotik yang terdapat pada skin care juga dapat mencerahkan wajah dengan mengangkat tumpukan sel-sel kulit mati,” ujar Dr Bowe. Sementara itu, menurut dokter kulit Dr Francesca Fusco, kondisi kulit kadang terlalu kering atau berminyak. 

Belum lagi kondisi lingkungan yang bisa menyebabkan inflamasi. Untuk mendapatkan kulit flawless dan glowy , maka Dr Fusco menyarankan menggunakan skin care mengandung probiotik. “Untuk kulit, probiotik cara kerjanya sama seperti di sistem pencernaan. Probiotik membantu menyeimbangkan kondisi kulit,” kata Dr Fusco. (aim)

tag: #kesehatan  

Bagikan Berita ini :

Tanggapan Anda atas berita ini?
TSPOLING

Pembaca teropongsenayan.com yth.

Polemik Ratna Sarumpaet, dalam waktu sekejap, membuka mata-telinga dan mengejutkan banyak kalangan. Termasuk mata dan telinga para politisi.

Setelah polisi membuktikan kebohongan Ratna, dan yang bersangkutan juga mengaku berbohong, polemik pun semakin kencang. Di sisi lain, beberapa kalangan menengarai polemik kebohongan Ratna berimplikasi terhadap elektabilitas pasangan calon (paslon) peserta Pilpres 2019. Yakni Joko Widodo-Ma'ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Menurut Anda, seperti apa dampak dari implikasi tersebut:

  • 1. Berpengaruh positif terhadap Joko Widodo-Maruf Amin
  • 2. Berpengaruh positif terhadap Prabowo Subianto-Sandiaga Uno
  • 3. Tidak berpengaruh terhadap masing-masing paslon
LIHAT HASIL POLING