Ragam
Oleh M Anwar pada hari Selasa, 13 Feb 2018 - 16:04:29 WIB
Bagikan Berita ini :

Vape Minimalisasi Risiko Kesehatan?

20VooPoo-Drag-vape-mod-Review-2.jpg
Vape. (Sumber foto : dok istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -- Anak muda sekarang menggandrungi penggunaan vape yang dianggap sebagai tren. Kabarnya, juga tidak berisiko dengan masalah kesehatan, khususnya paru. Benarkah?

Produk tembakau alternatif seperti vape, nikotin tempel, snus, dan produk tembakau yang dipanaskan bukan dibakar masih dianggap sebagai sesuatu yang baru, dan banyak masyarakat belum tahu manfaat pengurangan bahaya yang ada dibaliknya.

Tim Peneliti dari Yayasan Pemerhati Kesehatan Publik (YPKP) Dr. drg Amaliya menjelaskan penggunaan tembakau bisa ditekan dengan produk tembakau alternative.

“Produk tembakau alternatif memiliki risiko kesehatan yang lebih rendah karena konsumsinya tidak dengan cara dibakar,” kata Dr. drg Amaliya

Dijelaskannya, sebagian besar masyarakat mengkorelasikan nikotin dengan tembakau. Padahal, nikotin merupakan senyawa kimia organik kelompok alkaloid yang dihasilkan secara alami tidak hanya pada tembakau, tetapi juga pada suku terung-terungan (solanaceae).

Sementara, dari sudut pandang agama, vape yang merupakan produk tembakau alternatif, ternyata dipandang tidak haram. Sebelumnya, Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama KH Marsudi Syuhud menyatakan penggunaan vape bukan sebuah perbuatan dosa.

Berdasarkan pembahasan di NU tentang rokok, hukum rokok yang dikonsumsi dengan cara dibakar tidak sampai pada tingkatan haram, melainkan makruh, yaitu sebaiknya tidak dilakukan, namun jika dilakukan tidak berdosa dan jika tidak dilakukan mendapatkan pahala. "Kalau rokok di NU kan makruh. Ya maksimalnya makruhlah (vape),” ujar KH Marsudi. (aim)

tag: #kesehatan  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Ragam Lainnya
Ragam

Film Buya Hamka Luar Biasa, Wajib Ditonton dan Perlu

Oleh Abdullah Al Faqir/Adang Suhardjo
pada hari Sabtu, 29 Apr 2023
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketika saya menerima undangan dari Chandra Tirta W saat itu saya sedang di Bandung, dan saya mempercepat kepulangam ke Jakarta dari rencana sebelumnya akan pulang hari ...
Ragam

Abdul Wachid Gelar Acara Bukber dan Santunan Bersama 1000 Anak-anak Yatim dan Piatu

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Anggota DPR RI dari fraksi partai Gerindra, Abdul Wachid mengadakan acara buka bersama dan santunan bagi seribuan anak-anak Yatim dan Piatu di kediamannya. Rangkaian ...