Ragam
Oleh M Anwar pada hari Rabu, 14 Feb 2018 - 12:10:00 WIB
Bagikan Berita ini :

Jangan Lakukan Scrubbing Wajah Setiap Hari! Bisa Membuat Kulit Menjadi Tipis

14Scrub Alami untuk Wajah Berjerawat dan Berminyak.jpg
Ilustrasi: penggunaan scrub pada wajah. (Sumber foto : dok istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -- Karena cenderung berjerawat, tak jarang perempuan sering mencuci wajah dengan menggunakan sabun pencuci wajah yang mengandung scrub.

Bolehkah mencuci wajah menggunakan scrub setiap hari?

“Dulu scrubbing hanya dilakukan sesekali. Tapi kini zaman sudah berubah. Melakukan scrubbing bisa kapan saja dan dilakukan di rumah dengan produk yang bisa dipilih,” jelas dr. Astried Mahendri – dokter di Beautique Clinic, Pakubuwono, Jakarta Selatan

Selain bertujuan untuk membantu meluruhkan sel mati penyebab kulit terlihat kering dan kusam, scrubbing juga untuk mempercepat proses regenerasi sel kulit. Menurut Astried seperti pernah dimuat di Majalah Intisari, scrub untuk wajah jauh lebih lembut dibandingkan scrub untuk kulit tubuh, karena kulit wajah lebih halus dan sensitif.

Scrub untuk wajah mempunyai beberapa manfaat, yaitu: mengurangi produksi minyak yang berlebihan dengan mengangkat sel-sel kulit yang sudah mati, sehingga kulit menjadi lebih bersih; membuat kulit terlihat lebih sehat dan bercahaya dengan memperbaiki sirkulasi darah dan memperbarui sel-sel kulit; serta mengencangkan kulit wajah dan mencegah penuaan kulit.

Fungsi scrubbing adalah untuk eksfoliasi atau pengelupasan kulit yang fungsinya membantu mengangkat sel kulit mati, mengangkat kotoran yang menyumbat pori-pori sekaligus membukanya, agar kulit bisa bernapas dan menyerap nutrisi dari produk kecantikan seperti lotion, pelembap, body butter, dan lain-lain.

Selain itu, efek jangka panjangnya adalah membuat kulit senantiasa halus. Sebenarnya setiap 14-28 hari kulit melakukan regenerasi secara alami.

Namun, seiring dengan bertambahnya usia, apalagi ditambah dengan gaya hidup yang tak bersahabat bagi kulit sehat (seperti terus-menerus berada di ruangan ber-AC, mengonsumsi alkohol, merokok, sering lembur atau begadang) membuat regerasi sel kulit tidak optimal.

Jika ini terus dibiarkan, kulit akan terlihat kusam karena penumpukan sel mati. Nah, saat itulah kulit membutuhkan “bantuan” melalui pemakaian scrub.

Scrub bisa diaplikasikan pada semua jenis kulit. Memang setelah penggunaanya kulit langsung terlihat halus karena kulit mati terangkat dan kulit sehat di bawahnya terlihat bercahaya.

Karena fungsi scrub adalah mengangkat kulit mati, cara kerjanya bisa diandaikan seperti ampelas yang menghaluskan kayu. Bayangkan bila balok kayu yang sudah halus tadi diampelas terus-menerus, tentu akan menipis, bukan?

Demikian halnya dengan kulit wajahkita. Jika scrub dilakukan terus-menerus secara berlebihan, kulit akan menipis dan malahan menyebabkan iritasi. Oleh karena itu, setelah scrubbing sebaiknya gunakan lotion yang sesuai dengan jenis kulit wajah.

Pada saat melakukan scrubbing, pastikan tidak ada luka terbuka atau terdapat luka baru di wajah,tidak ada luka bakar, dan tidak terdapat penyakit. Perawatan wajahdengan scrub pun sebaiknya dilakukan dua minggu sekali, sesuai dengan siklus pergantian kulit, juga sesuai kondisi kulit wajahterutama untuk kulit normal, kering, atau berminyak.

Tapi bila jenis kulit kita sensitif, dianjurkan untuk tidak terlalu sering memakai scrub, karena bisa menyebabkan iritasi. Jadi, stop scrubbing wajahsetiap hari. Sebaiknya pilih saja sabun wajah yang berbentuk facial foam dan tidak mengandung scrub. (aim)

tag: #kesehatan  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Ragam Lainnya
Ragam

Film Buya Hamka Luar Biasa, Wajib Ditonton dan Perlu

Oleh Abdullah Al Faqir/Adang Suhardjo
pada hari Sabtu, 29 Apr 2023
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketika saya menerima undangan dari Chandra Tirta W saat itu saya sedang di Bandung, dan saya mempercepat kepulangam ke Jakarta dari rencana sebelumnya akan pulang hari ...
Ragam

Abdul Wachid Gelar Acara Bukber dan Santunan Bersama 1000 Anak-anak Yatim dan Piatu

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Anggota DPR RI dari fraksi partai Gerindra, Abdul Wachid mengadakan acara buka bersama dan santunan bagi seribuan anak-anak Yatim dan Piatu di kediamannya. Rangkaian ...