Berita
Oleh M Anwar pada hari Sabtu, 17 Feb 2018 - 17:05:00 WIB
Bagikan Berita ini :

Tak Lolos Pemilu 2019, PBB Sebut Terkendala Geografis Daerah

5668530_kampanye_partai_bulan_bintang_663_382.jpg
Partai Bulan Bintang. (Sumber foto : dok istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -- Partai Bulan Bintang (PBB) menyayangkan penetapan kegagalannya untuk maju dalam Pemilu 2019oleh Komisi Pemilihan Umum. Sekretaris Jenderal PBB Afriansyah Noor menuturkan salah satu penyebab kegagalan tersebut adalah sulitnya komunikasi dengan Dewan Pimpinan Daerah PBB Kabupaten Manokwari Selatan, Papua Barat.

Afriansyah mengatakan partainya ditetapkan tidak memenuhi syarat seusai keanggotaan PBB tingkat kabupaten kotakarena tidak memenuhi jumlah minimal, yakni 75 persen. Sebab, enam anggota DPD PBB Manokwari Selatan tidak hadir saat hari verifikasi peserta Pemilu 2019.

Absennya para anggota DPD PBB Manokwari Selatan itu, kata Afriansyah, disebabkan oleh sulitnya komunikasi yang dipengaruhi oleh kondisi geografis daerah tersebut. “Karena daerahnya gunung kami kehilangan komunikasi. Jarak antara kota dan gunung-gunung itu sulit,” ucap Afriansyah di Hotel Grand Mercure, Jakarta Pusat, pada Sabtu (17/2/2018).

Dengan absennya enam anggota tersebut, keanggotaan PBB hanya mencapai 73 persen. Akibatnya, PBB dinyatakan tidak memenuhi syarat untuk ikut berlaga dalam Pemilu 2019.

KPU RI bersama Badan Pengawas Pemilu dan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu mengumumkan hasil verifikasi dan penetapan partai politik peserta Pemilu 2019, hari ini. Dari 16 partai politik, dua di antaranya tidak lolos. Keduanya, yakni PBB dan Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI).

Adapun 14 partai politik lainnya dinyatakan telah memenuhi syarat dan dapat maju dalam Pemilu 2019. Partai yang lolos tersebut adalah Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai NasDem, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), serta Partai Demokrat.

Selanjutnya, Partai Golongan Karya (Golkar), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Empat partai baru peserta Pemilu 2019 juga turut lolos tahap verifikasi dan penetapan, Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Perindo, Partai Berkarya, dan Partai Garuda. (aim)

tag: #partai-bulan-bintang  #pemilu-2019  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement