Ragam
Oleh M Anwar pada hari Minggu, 18 Feb 2018 - 12:05:00 WIB
Bagikan Berita ini :

Ibu Hamil Dilarang Konsumsi Ginseng, Efeknya Mengerikan!

7suplemen-kalsium-ibu-hamil.jpg
Ibu hamil dilarang mengkonsumsi ginseng. (Sumber foto : dok istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -- Ginseng dikenal sebagai bahan herbal dengan banyak manfaat. Ginseng juga sangat tersohor sebagai salah satu bahan obat dari Asia Timur. Meski sangat berkhasiat dan merupakan bahan herbal yang aman, tapi konsumsi ginseng tidak boleh sembarangan. Salah satunya pada ibu hamil.

Ginseng sangat tidak disarankan untuk dikonsumsi pada saat sedang mengandung. Menurut dr. Ida Gunawan, MS, SpGK, konsumsi obat atau suplemen walaupun berjenis herbal harus sesuai dengan yang diberikan dokter.

"Ada beberapacase reportpada zaman dahulu di China maupun di Korea karena dianggap herbal, boleh dipakai siapa saja termasuk ibu hamil, ternyata setelah lahir bayinya lebih pendek dan massa ototnya berkurang," ujar Ida dalam acaraAYO HIDUP SEHAT, Jumat (15/2/2018) lalu.

Jadi, konsumsi ginseng pada ibu hamil bisa mengakibatkan cacat bawaan pada bayi. Selain itu, konsumsi ginseng juga tidak dianjurkan pada penderita penyakit jantung. Ida mengatakan, ginseng bersifat stimulan yang merangsang peningkatan pacu jantung, sehingga harus berhati-hati pada mereka yang memiliki penyakit jantung.

Ginseng juga sebaiknya dihindari pada para penderita insomnia. Orang dengan gangguan sulit tidur ini membutuhkan suasan tenang agar bisa tidur nyenyak. Tapi, dengan ginseng yang menstimulasi pacu jantung, tentu akan membuat penderita insomnia lebih sulit tidur. (aim)

tag: #kesehatan  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Ragam Lainnya
Ragam

Film Buya Hamka Luar Biasa, Wajib Ditonton dan Perlu

Oleh Abdullah Al Faqir/Adang Suhardjo
pada hari Sabtu, 29 Apr 2023
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketika saya menerima undangan dari Chandra Tirta W saat itu saya sedang di Bandung, dan saya mempercepat kepulangam ke Jakarta dari rencana sebelumnya akan pulang hari ...
Ragam

Abdul Wachid Gelar Acara Bukber dan Santunan Bersama 1000 Anak-anak Yatim dan Piatu

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Anggota DPR RI dari fraksi partai Gerindra, Abdul Wachid mengadakan acara buka bersama dan santunan bagi seribuan anak-anak Yatim dan Piatu di kediamannya. Rangkaian ...