Berita
Oleh M Anwar pada hari Minggu, 18 Feb 2018 - 09:26:17 WIB
Bagikan Berita ini :

Survei Vox Populi: Elektabilitas Milton-Boyman Tertinggi di Pilkada Kalbar

92Milton-Boyman.jpg
Paslon Milton Crosby-Boyman Harun (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Vox Populi Survei merilis hasil jajak pendapatnya soal mengenai calon gubernur-wakil gubernur di Pilkada Kalimantan Barat.

Pilkada Kalimantan Barat diikuti tiga pasang calon, yakni Sutarmidji-Ria Norsan, Karolin Margareth Natasya-Suryadman Gidot dan Milton Crosby-Boyman Harun.

Berdasarkan hasil survei terhadap 3 paslon Gubernur/Wakil Gubernur Kalbar yang melibatkan 2.178 reponden, paslon Milton Crosby-Boyman mendapat nilai tertinggi.

"Pada saat ditanya dengan soal terbuka tentang pasangan kepala daerah Kalimantan Barat yang akan dipilih sebagai Gubernur dan wakil Gubenrnur, secara spontan menjawab akan pilih pasangan Milton Crosby-Boyman Harun," kata Direktur Eksekutif Vol Populi Survei Basynursyah dalam keterangan tertulis, Minggu (18/2/2018).

Dari jawaban tersebut, kata dia, Milton Boyman dipilih sebanyak 43,3 persen responden. Disusul, Sutarmidji- Ria Norsan sebanyak 21,1 persen. Lalu, Karolin Margareth Natasya -Suryadaman Gidot 17,9 persen.

Sementara yang tidak memilih sebanyak 17,7 persen.

Dalam penelitian ini juga diberikan pertanyaan tertutup mengunakan kuisioner dan pertanyaan yang sama.

Hasilnya, kata Basynursyah, pasangan Milton Crosby-Boyman Harun dipilih 46,3 persen responden. Kemudian Sutarmidji-Ria Norsan sebanyak 24,6 persen dan Karolin Margareth Natasya-Suryadaman Gidot 18,4 persen.

"Sementara yang tidak memilih sebanyak 10,7 persen," paparnya.

Sedangkan pada tingkat akseptabilitas atau penerimaan masyarakat terhadap sosok pasangan dan rekam jejak serta prestasi.

Pasangan Milton Crosby -Boyman Harun unggul dibandingkan dengan pasangan Sutarmidji- Ria Norsan dan Karolin Margareth Natasya -Suryadaman Gidot .

Dimana Milton Crosby -Boyman Harun mendapatkan dukungan publik sebanyak 79,8 persen, Sutarmidji- Ria Norsan 73,5 persen dan Karolin Margareth Natasya-Suryadaman Gidot 59,9 persen.

Untuk tingkat kemantapan responden yang disurvei dalam menentukan pilihan cukup tinggi yakni berada di level 70,3 persen.

Sementara 29,7 persen mengaku pilihannya masih bisa berubah dan masih goyah.

"Jadi pilihan kepada Milton -Boyman menjadi sebuah pilihan yang terbaik bagi masyarakat Kalimantan Barat yang sudah bosan dan tidak suka dengan konflik-konflik sosial," katanya.

Vox Populi, kata Basynursyah, menggunakan metodelogi kuantitatif yakni kuisioner dan wawancara kepada sejumlah masyarakat Kalimantan Barat yang tersebar di dua kota dan 12 kabupaten.

Jumlah masyarakat Kalimantan Barat yang ditentukan sebagai sample dalam penelitian sebanyak 2.178 yang diambil dari jumlah Daftar Pemilih Tetap Pilkada (DPTP) Kalimantan Barat.

Survei menggunakan metode multistage random sampling berdasarkan jumlah DPT Pilkada Kalbar 2018 yaitu 3.844.498 pemilih.

Survei ini mengunakan tingkat Kepercayaan 95 %.

"Margin of error 2.2 persen, yang dimulai sejak 3 Februari sampai 15 Februari 2018," katanya.(yn)

tag: #pilkada-serentak-2018  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

TKN Akan Gelar Nobar Sidang Putusan Sengketa Pilpres

Oleh Sahlan Ake
pada hari Jumat, 19 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran bakal menggelar acara nonton bareng sidang putusan sengketa hasil Pilpres 2024. Acara itu akan digelar secara sederhana bersama ...
Berita

Kemenhub Catat Arus Mudik-Balik Lebaran 2024 Capai 242 Juta Orang

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melaporkan pergerakan secara nasional angkutan arus mudik-balik Lebaran 2024 mencapai 242 juta orang. Kemenhub menilai pelaksanaan ...