Ragam
Oleh M Anwar pada hari Senin, 19 Feb 2018 - 08:05:00 WIB
Bagikan Berita ini :

Warna Kotoran Telinga Menunjukkan Kondisi Kesehatan

35sakit-telinga.jpg
Ilustrasi: telinga kotor. (Sumber foto : dok istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -- Warna kotoran telinga ternyata bisa menunjukkan kondisi kesehatan seseorang. Pada dasarnya, kotoran telinga atau cerumen memiliki peran untuk melindungi lubang telinga dari infeksi kuman atau benda asing.

Oleh karena itu, kotoran telinga memiliki warna yang berbeda-beda. Ini tergantung jenis infeksi yang dialami. Berikut beberapa warna kotoran telinga yang menunjukkan kondisi kesehatan Anda.
1. Abu-abu

Tidak perlu khawatir jika kotoran telinga berwarna abu-abu. Warna ini menunjukkan akumulasi debu yang masuk ke telinga dan biasanya dimiliki oleh mereka yang tinggal di kota dengan udara tercemar.

2. Ada darah

Gendang telinga yang berlubang menyebabkan kotoran telinga bercampur dengan darah. Kondisi ini dapat menyebabkan telinga mengalami infeksi dan dapat menyebabkan otitis.

3. Coklat

Kotoran telinga yang berwarna cokelat menunjukkan bahwa Anda mengalami stres. Oleh karena itu, Anda harus segera mencari ketenangan dit engah kesibukan.

4. Hitam

Biasanya kotoran telinga berwarna hitam jarang terjadi. Meski demikian tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Namun jika hal ini disertai rasa gatal maka Anda harus mengunjungi dokter, karena warna hitam bisa menandakan adanya infeksi jamur.

5. Putih

Kekurangan vitamin dan zat mikro khususnya besi serta tembaga dapat terlihat dari kotoran telinga yang berwarna putih. Sebaiknya, Anda perbanyak konsumsi makanan kaya zat besi seperti kacang-kacangan dan sayuran hijau.

6. Bau tak sedap

Waspada jika kotoran telinga Anda menyebarkan bau tak sedap. Sebab ini menandakan adanya infeksi di telingah tengah atau mendengar suara bising. Segeralah kunjungi spesialis THT untuk mengatasinya. (aim)

tag: #kesehatan  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Ragam Lainnya
Ragam

Film Buya Hamka Luar Biasa, Wajib Ditonton dan Perlu

Oleh Abdullah Al Faqir/Adang Suhardjo
pada hari Sabtu, 29 Apr 2023
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketika saya menerima undangan dari Chandra Tirta W saat itu saya sedang di Bandung, dan saya mempercepat kepulangam ke Jakarta dari rencana sebelumnya akan pulang hari ...
Ragam

Abdul Wachid Gelar Acara Bukber dan Santunan Bersama 1000 Anak-anak Yatim dan Piatu

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Anggota DPR RI dari fraksi partai Gerindra, Abdul Wachid mengadakan acara buka bersama dan santunan bagi seribuan anak-anak Yatim dan Piatu di kediamannya. Rangkaian ...