TSJateng
Oleh Ferdiansyah pada hari Senin, 19 Feb 2018 - 07:58:04 WIB
Bagikan Berita ini :

Bantu Sudirman-Ida, 450 Dokter Spesialis Gelar Pengobatan Gratis

8IMG-20180218-WA0221.jpg
Komunitas Dokter Peduli (KMP) saat menggelar pengobatan gratis di Brebes, Minggu (18/3/2018) (Sumber foto : Istimewa )

SEMARANG (TEROPONGSENAYAN)-- Sebanyak 450 dokter spesialis yang tergabung dalam Komunitas Dokter Peduli (KMP) membantu kampanye calon Gubernur Jawa Tengah nomor urut 2 Sudirman Said-Ida Fauziyah. Para dokter itu patungan menggelar pengobatan gratis.

“Ini Pak Sudirman Said visi dan misinya sama dengan Anies-Sandi yang kita dukung di Pilgub Jakarta, yakni pemberdayaan umat dan ekonomi untuk masyarakat kecil, dan kita peduli di sektor kesehatan, utamanya perempuan yang tidak tersentuh selama ini,” kata Dokter Yudhi Tuanaya, Minggu (18/2/2018) di Gandasuli, Brebes.

Sebagai informasi, cagub-cawagub Sudirman-Ida yang diusung oleh koalisi Partai Gerindra, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menargetkan kesehatan dan fokus pembangunan perempuan menjadi salah satu visi dan misi.

Apalagi, kata Dokter Yudhi, banyak kasus yang melibatkan kesehatan, salah satunya perempuan menjadi pekerjaan rumah yang harus diselesaikan pemerintah.

Dalam kegiatannya, dia menyebut bahwa fokus utama kampanye sektor kesehatan ini adalah kesehatan wanita, seperti menggelar pengobatan gratis di seluruh wilayah Jawa Tengah dan pnyuluhan kesehatan untuk wanita.

“Kegiatan pengobatan gratis ini sekaligus penyuluhan, misalnya memeriksa apakah ada indikasi penyakit kanker yang diderita ibu-ibu, baik kanker mulut rahim, payudara maupun kanker kandungan,” katanya lagi.

Selain itu, juga menangani Deteksi Kanker Serviks di IVA tes dan femicam. Deteksi Dini Kanker Payudara. USG Kebidanan dan Kandungan, periksa hamil, periksa kista, miom, keputihan. Periksa program ingin punya anak. Periksa kanker kanker kandungan. Periksa nyeri perut. Periksa menstruasi nyeri. Periksa menstruasi tidak teratur.

Selain itu, pengobatan gratis tersebut juga melayani pemeriksaan Tekanan Darah, Pemeriksaan Gula Darah, dan Pemeriksaan Timbang Berat Badan. Lebih lanjut, dia menjelaskan bahwa penyuluhan kesehatan juga dilakukan untuk perempuan yang menderita penyakit kronis hingga ibu hamil.

“Untuk ibu hamil bisa tahu nanti apakah anaknya laki-laku atau perempuan, sementara pasien kronis juga bisa didteksi akah ada indikasi kanker, asam urat, juga medical check up serta pengobatan seperti darah tinggi dan sejenisnya,” jelasnya.

Selain menerjunkan 450 dokter spesialis, KMP juga menurunkan perawat untuk membantu menyukseskan kampanye Sudirman-Ida di sektor kesehatan tersebut. Di Jateng, kata dia, ada 35 Kabupaten/kota yang akan dilakukan kampanye kesehatan oleh tim KMP dengan dana dari pribadi ratusan dokter tersebut.

“Tentu ada banyak titik di Jateng, di Brebes saja ada 10 titik, dan untuk tempat lain nanti kami menunggu data dari tim Pamularsih, ini semuanya kami gunakan dana mandiri infaq dari tim dokter spesialis,” pungkasnya.(dia/rls)

tag: #  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
TSJateng Lainnya
TSJateng

Presiden PKS Kaget Timses Cagub Sudirman Said Ditodong

Oleh Enjang Sofyan
pada hari Selasa, 03 Jul 2018
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Presiden PKS mengaku kaget saat mengetahui salah satu tim sukses (Timses) calon gubernur Jawa Tengah Sudirman Said-da Fauziyah ditodong orang tak dikenal. "Kaget ...
TSJateng

Sudirman Said Kalah Versi Hitung Cepat, Sohibul: Saya Bangga

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Presiden PKS Sohibul Iman mengapresiasi upaya pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur, Sudirman Said-Ida Fauziah di Pilkada Jawa Tengah, Rabu (27/6/2018) ...