Berita
Oleh Alfian Risfil pada hari Senin, 19 Feb 2018 - 17:30:40 WIB
Bagikan Berita ini :

Maruarar: Saya Kurang Ngerti Aturan Protokoler

30maruarar-sirait.jpg
Maruarar Sirait (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Ketua Steering Committee (SC) Piala Presiden 2018, Maruarar Sirait mengakui, dirinya yang menyusun sendiri daftar nama pendamping Presiden Jokowi saat penyerahan Piala Presiden 2018, Sabtu (17/2/2018) malam.

Dia juga mengaku, nama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memang tidak dimasukkan ke dalam daftar nama rombongan Jokowi.

Alasannya, Ara panggilan akrabnya, mengira Anies akan turun ke lapangan dan menerima piala bersama para pemain Persija Jakarta, seperti Wakapolri Komjen Pol Syafruddin yang juga menerima selamat dari Jokowi karena bagian dari pendukung Persija.

"Tentu logika saya, karena Persija yang menang, itu seharusnya Mas Anies menerima hadiah bersama-sama dengan Persija dari Presiden," kata Ara di Kompleks GBK, Senayan, Jakarta Pusat, Senin (19/2/2018).

Ara mengaku tidak memperhatikan aturan protokoler dalam kegiatan resmi kenegaraan yang mengharuskan kepala daerah mendampingi Presiden.

"Itu (aturan protokoler) ketidaktahuan saya, saya kurang mengerti soal protokoler. Jadi, kalau ada kesalahan, itu pasti salah saya. Jangan salahkan orang lain, apalagi Paspampres karena Paspamres dapat nama-nama itu dari saya," terang politisi PDI-P itu.

Sebelumnya, Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden, Bey Machmudi mengatakan, tindakan pelarangan Anies merupakan prosedur pengamanan karena Paspampres berpegang pada daftar nama pendamping presiden yang disiapkan panitia.

Mengingat acara tersebut bukan acara kenegaraan, maka panitia tidak mengikuti ketentuan protokoler kenegaraan mengenai tata cara pendampingan Presiden oleh Kepala Daerah.(yn)

tag: #anies-baswedan  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Kenakan Kemeja Putih Prabowo-Gibran Tiba di KPU

Oleh Sahlan Ake
pada hari Rabu, 24 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Paslon Capres-Cawapres 02 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka tiba di Gedung KPU RI, Jakarta, Rabu (24/4/2024). Pasangan pemenang Pilpres 2024 itu, sampai di Gedung ...
Berita

KPU Undang Presiden Umumkan Pemenang Pilpres 2024

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI berencana mengundang Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menghadiri langsung penetapan pemenang Pilpres 2024. Rencanannya, acara tersebut ...