Berita
Oleh M Anwar pada hari Rabu, 21 Feb 2018 - 13:00:00 WIB
Bagikan Berita ini :

Alami Keterlambatan LRT, DKI Siap Gelar Asian Games 2018

23786729988.jpg
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (Sumber foto : dok istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -- Pemprov DKI menyatakan kesiapanya menggelar Asian Games 2018 pada Agustus mendatang. Meski mengalami keterlambatan 8% dari target jadwal, proyek Light Rail Transit (LRT) Velodrome-Kelapa Gading siap beroperasi Juni mendatang.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengatakan, hingga saat ini Pemprov DKI masih terus berupaya menyelesaikan apa yang menjadi tanggung jawabnya dalam perhelatan Asian Games 2018. Menurutnya, progres pembangunan Velodrome kini sudah mencapai 83%, Equistrian mencapai 99%, arena balap sepeda BMX sekitar 60%, dan LRT mencapai 60%. Dia pun menyanggupi penambahan arena baseball serta gelanggang olahraga untuk latihan bola voli dan basket.

Kendati demikian, kata Anies, dalam proyek LRT ada keterlambatan 8% akibat curah hujan yang terjadi belakangan ini dan adanya kecelakaan pemasangan girlbox di Cempaka Putih, Jakarta Pusat. Namun, kedatangan lokomotif tetap akan datang pada April dan dipasang pada Mei mendatang. Sehingga akan tetap beroperasi pada Juni mendatang.

"Untuk merecover dari keterlambatan, kita akan tambah shift dan alat-alat berat sehingga jadwal insya Allah akan tetap bisa tercapai. On schedule on budget on quality," kata Anies di kantor Inasgoc, Wisma Serbaguna, Senayan, Jakarta Pusat, kemarin.

Terkait jarak tempuh yang ditargetkan Inasgoc sekitar 35 menit, Anies menyebutkan akan ada rekayasa lalu lintas yang sudah disiapkan. Mulai dari rute melalui tol maupun non tol. Kemudian, pengaturan jumlah trafic yang melewati daerah itu terkait dengan kegiatan belajar dan kegiatan kerja.

Saat ini, lanjut Anies, kemungkinan-kemungkinan itu sedang dimatangkan sampai semua skenario betul-betul matang. Termasuk menghitung kegiatan belajar mengajar. Menurutnya, beberapa ekperimen untuk mengetahui berapa lama sesungguhnya yang paling optimal untuk dipakai pada saat event asian games selama 14 hari itu masih terus berjalan.

"Kemarin dicatat bahwa Selama 14 hari ini, adalah 9 hari kerja 5 hari adalah hari libur. 3 hari long weekend 2 hari weekend. Tambah idul adha. Kita nanti akan atur sesudah fix nanti baru diumumkan rekayasa lalinnya. tapi tujuan utamanya adalah memastikan target waktu tempuh sesuai yang diharuskan dapat tercapai. Insya allah bisa," tegasnya. (aim)

tag: #anies-baswedan  #asian-games-2018  #lrt  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Harga Minyak Dunia Melambung, Rupiah Anjlok, Ahmad Najib: Pemerintah Harus Siapkan Opsi Mitigasi

Oleh Fath
pada hari Kamis, 25 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-- Anggota Komisi XI DPR Ahmad Najib Qodratullah mengingatkan pemerintah agar terus mewaspadai gejolak harga minyak dunia dan anjloknya nilai tukar rupiah. Pasalnya, ...
Berita

Surya Paloh Sambangi Prabowo Subianto di Kertanegara

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua Umum Partai Gerindra sekaligus presiden terpilih Prabowo Subianto menerima kunjungan Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh. Keduanya melakukan pertemuan di kediaman ...