Ragam
Oleh M Anwar pada hari Kamis, 22 Feb 2018 - 08:20:00 WIB
Bagikan Berita ini :

Agar Tetap Sehat, Ini Pengganti Gula sebagai Pemanis Alami

29foto-empat-khasiat-kayu-manis-bagi-kesehatan.jpg
Kayu manis sebagai pengganti gula. (Sumber foto : dok istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -- Rasanya yang manis membuat gula disenangi banyak orang. Apalagi bagi pecinta rasa manis, mereka akan menambahkan gula di berbagai makanan dan minuman yang akan disantapnya. Sayangnya, terlalu banyak mengonsumsi manis bisa memicu berbagai macam masalah kesehatan.

Salah satunya diabetes dan obesitas. Kondisi ini terjadi ketika kadar glukosa dalam darah akan meningkat drastis sehingga terjadi penumpukan lemak yang membutuh tubuh menjadi gemuk. Namun, kondisi tersebut bisa dicegah dengan cara mengganti gula dengan bahan alami.

Berikut pemanis buatan alami yang bisa digunakan sebagai pengganti gula seperti.

1. Kayu manis

Kayu manis merupakan pemanis alami tanpa kandungan kalori. Anda pun bisa menggunakannya dalam bentuk bubuk kayu manis. Penelitian dari Human Reserch Centre menunjukkan bahwa setengah sendok teh bubuk kayu manis tidak akan menyebabkan resistensi insulin.

2. Jus jeruk

Masyarakat di negara bagian Arizona kerap menggunakan jus jeruk sebagai pemanis alami. Mereka mencampurkan jus jeruk dalam kopi. Selai jus jeruk, Anda juga bisa memanfaatkan kulit jeruk yang sudah diparut dan campurkan ke dalam kopi. Jeruk mengandung vitamin C sebesar 155%.

3. Ekstrak vanila

Dibandingkan sirup vanila, ekstrak vanila memiliki kandungan 0 kalori dan 0 gula. Sementara sirup vanila mengandung 80 kalori dan 20 gram gula. (aim)

tag: #kesehatan  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Ragam Lainnya
Ragam

Film Buya Hamka Luar Biasa, Wajib Ditonton dan Perlu

Oleh Abdullah Al Faqir/Adang Suhardjo
pada hari Sabtu, 29 Apr 2023
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketika saya menerima undangan dari Chandra Tirta W saat itu saya sedang di Bandung, dan saya mempercepat kepulangam ke Jakarta dari rencana sebelumnya akan pulang hari ...
Ragam

Abdul Wachid Gelar Acara Bukber dan Santunan Bersama 1000 Anak-anak Yatim dan Piatu

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Anggota DPR RI dari fraksi partai Gerindra, Abdul Wachid mengadakan acara buka bersama dan santunan bagi seribuan anak-anak Yatim dan Piatu di kediamannya. Rangkaian ...