Berita
Oleh M Anwar pada hari Kamis, 22 Feb 2018 - 14:15:00 WIB
Bagikan Berita ini :

Ini Waktu Tepat Konsumsi Nasi agar Tidak Mudah Gemuk

13waktu-yang-tepat-untuk-makan-nasi-jHYhbddWVk.jpg
Waktu tepat makan nasi (Sumber foto : Dok Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -- Nasi sudah menjadi makanan utama bagi masyarakat Indonesia. Beberapa orang pun berpendapat belum makan bila belum mengonsumsi nasi.

Namun, belakangan sejumlah pakar diet dan nutrisi hingga pelaku gaya hidup sehat mulai menghindari konsumsi nasi putih atau sumber karbohidrat sederhana lainnya lantaran alasan kesehatan.

Bahkan, banyak orang yang menganggap bahwa nasi sebagai ‘biang keladi’ kenaikan berat badan. Hal ini yang menyebabkan banyak orang mulai mengurangi konsumsi nasi.

Padahal, cara dan waktu mengonsumsi nasi yang tepat tidak akan membuat berat badan Anda mengalami kenaikan yang drastis. Ya, sebuah penelitian mencatat waktu ideal untuk mengonsumsi nasi.

Mengutip TimesofIndia, Kamis (22/2/2018), sebuah studi menyebutkan bahwa waktu yang disarankan untuk mengonsumsi nasi adalah saat makan siang. Mengapa demikian?

Pertama, di siang hari, metabolisme tubuh Anda sedang aktif-aktifnya sehingga akan lebih cepat menyerap nutrisi dari makanan. Tubuh pun lebih cepat mencerna semua makanan berat yang disantap. Setelah sarapan, siang hari merupakan waktu di mana tubuh merasa lapar dan sangat membutuhkan energi agar tetap maksimal beraktivitas hingga 8-10 jam ke depan.

Tak hanya itu, di siang hari menjadi tingkat aktivitas Anda yang paling tinggi. Oleh karena itu, Anda membutuhkan energi lebih banyak. Dalam hal ini, karbohidrat di dalam nasi dibutuhkan tubuh untuk memberikan energi.

Makanlah semangkuk kecil berisi nasi untuk makan siang, tetapi hilangkan menu nasi untuk makan malam. Mengonsumsi nasi bisa menyebabkan kenaikan berat badan bila dikonsumsi sebelum tidur.

Selain nasi putih, nasi merah juga bisa Anda konsumsi. Perbedaan di antara keduanya adalah nasi merah membutuhkan waktu yang lebih banyak untuk dicerna oleh tubuh.

Jadi, bukan berarti Anda harus menghindari nasi sama sekali. Bagaimana pun karbohidrat tetap diperlukan tubuh sebagai sumber tenaga. Namun, yang perlu diingat adalah konsumsinya yang sesuai porsi dan ukuran. Jika Anda serius dengan program diet yang tengah dijalani, batasi jumlah nasi yang dikonsumsi serta jangan lupa menyajikan nasi bersama lauk pauk yang seimbang. (aim)

tag: #  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 28 Mar 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital. Melalui kerja sama dengan PT Jalin Pembayaran ...
Berita

DPR Sahkan RUU Daerah Khusus Jakarta Jadi UU

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --DPR RI resmi mengesahkan Rancangan Undang-Undang Daerah Khusus Jakarta (RUU DKJ) menjadi Undang-Undang (UU). Pengesahan dilakukan pada Rapat Paripurna DPR RI ke-14, di ...