Ragam
Oleh M Anwar pada hari Sabtu, 24 Feb 2018 - 12:55:00 WIB
Bagikan Berita ini :

Cara Mudah Agar Berumur Panjang

25hipwee-longevity-diet2-750x422.jpg
Ilustrasi: rahasia panjang umur. (Sumber foto : dok istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -- Meski hanya beberapa menit, ternyata latihan ringan setiap hari seperti berkebun atau mengajak anjing berjalan-jalan, bisa membantu lansia hidup lebih lama.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa semua aktivitas, meski sederhana, sangatlah bermanfaat. Temuan mengungkap bahwa aktivitas fisik dengan intensitas rendah berkaitan dengan risiko kematian yang lebih rendah. Hal ini penting terutama di kalangan pria yang lebih tua.

"Ini karena sebagian besar aktivitas fisik sehari-hari mereka memiliki intensitas ringan," kata peneliti yang dipimpin oleh Barbara Jefferis dari University College London.

Pedoman latihan menyarankan untuk menjalani setidaknya 150 menit dalam seminggu, berupa aktivitas fisik sedang hingga berat dalam durasi yang berlangsung selama 10 menit atau lebih. Tapi pola seperti itu tidak selalu mudah dilakukan lansia.

Untuk mengetahui apakah pola aktivitas lain masih berkontribusi untuk menurunkan risiko kematian, para peneliti menarik data dariBritish Regional Heart Study.

Analisis akhir penelitian itu didapat dari 1.000 pria, yang rata-rata berusia 78 tahun. Mereka diminta memakaiaccelerometerataugadgetportabel untuk melacak volume dan intensitas aktivitas fisik selama berjam-jam hingga tujuh hari.

Sepanjang riset, para responden akan dipantauselama 5 tahun. Berdasarkan pantauan tersebut didapatkan hasil 94 orang meninggal. Sementara itu, temuanaccelerometermenunjukkan bahwa total volume aktivitas fisik, dari intensitas ringan ke atas, dikaitkan dengan risiko kematian yang lebih rendah.

Tak hanya itu, setiap aktivitas dengan intensitas ringan 30 menit sehari dikaitkan dengan 17 persen pengurangan risiko kematian. Nah, kalau mau berumur panjang, Anda harus selalu aktif bergerak. (aim)

tag: #kesehatan  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Ragam Lainnya
Ragam

Film Buya Hamka Luar Biasa, Wajib Ditonton dan Perlu

Oleh Abdullah Al Faqir/Adang Suhardjo
pada hari Sabtu, 29 Apr 2023
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketika saya menerima undangan dari Chandra Tirta W saat itu saya sedang di Bandung, dan saya mempercepat kepulangam ke Jakarta dari rencana sebelumnya akan pulang hari ...
Ragam

Abdul Wachid Gelar Acara Bukber dan Santunan Bersama 1000 Anak-anak Yatim dan Piatu

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Anggota DPR RI dari fraksi partai Gerindra, Abdul Wachid mengadakan acara buka bersama dan santunan bagi seribuan anak-anak Yatim dan Piatu di kediamannya. Rangkaian ...