Berita
Oleh M Anwar pada hari Senin, 26 Feb 2018 - 07:51:41 WIB
Bagikan Berita ini :

Peserta Pilkada Belanjakan Rp4 Triliun untuk Kampanye

922018-01-12_Pilkada-Serentak.jpg
Pilkada serentak siap digelar (Sumber foto : Dok Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) – Calon kepala daerah peserta Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2018 diperkirakan akan menghabiskan uang sebesar Rp4 triliun untuk kebutuhan kampanye. Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) DKI Jakarta, Sarman Simanjorang, menyampaikan bahwa prediksi itu harus dilihat sebagai peluang emas bagi para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di 171 daerah yang melaksanakan Pilkada, untuk meningkatkan omzet mereka.

"Kita perkirakan lebih kurang Rp4 triliun belanja kampanye yang berasal dari para pasangan calon kepala daerah akan berputar untuk belanja berbagai kebutuhan atribut kampanye," ujar Sarman melalui keterangan tertulis pada Minggu, (25/2)

Menurut Sarman, perkiraan Rp4 triliun didapat dari proyeksi rata-rata pengeluaran setiap pasangan calon (paslon) di 17 provinsi yang menyelenggarakan Pilkada, sebesar Rp75 miliar. Jika dikalikan, artinya di 17 provinsi itu saja akan ada uang sebesar Rp1,275 triliun yang berputar.

"Di lima provinsi seperti Jatim, Jabar, Jateng, Sumut, dan Sulsel, diperkirakan belanja kampanye bisa menembus di atas Rp100 miliar per paslon," ujar Sarman.

Sementara, proyeksi perputaran uang di 39 kota yang menyelenggarakan Pilkada adalah Rp39 miliar. Di 115 kabupaten yang menyelenggarakan Pilkada, diproyeksikan akan ada perputaran uang sebesar Rp2,3 triliun.

"Dengan perputaran ini, sangat diyakini akan dapat meningkatkan pertumbuhan perekonomian di masing-masing daerah, juga menjadi peluang emas bagi pengusaha UMKM, karena sebagian besar kebutuhan atribut kampanye dapat diproduksi oleh UMKM," ujar Sarman. (aim)

tag: #  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

MK Jamin Tak Ada Deadlock saat Pengambilan Keputusan Sengketa Pilpres

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 18 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Mahkamah Konstitusi (MK) menjamin tidak akan ada deadlock dalam pengambilan putusan sengketa Pilpres 2024. Saat ini, Hakim Konstitusi masih melaksanakan rapat ...
Berita

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Penyumbang Dividen Terbesar

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik ...