Bisnis
Oleh ferdiansyah pada hari Senin, 26 Feb 2018 - 14:02:31 WIB
Bagikan Berita ini :

Tiru Manhattan, Meikarta Permudah Akses Transportasi

11transportasimeikarta.jpg
Ilustrasi (Sumber foto : ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Siapa yang tak mau mobilitas keseharian ke tempat tujuan bisa dicapai dengan mudah, cepat dan aman. Layaknya kota-kota besar di Asia, seperti Singapura, Hong Kong dan Jepang, yang keseharian penduduknya menggunakan transportasi umum.

Pembangunan Meikarta, Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat memiliki konsep yang sama dengan kota-kota besar di dunia. Kota baru yang dikembangkan oleh Lippo Group ini akan dirancang paling inovatif kelas dunia dengan konsep Traffic Efficient Grid System dan Smart City.

Konsep tersebut adalah ciri khas Kota Manhattan di New York, Amerika Serikat, yang membangun kota dengan kemudahan akses transportasi umum dan kemudahan yang hanya selangkah dari hunian. "Ini terobosan dan inovasi bagi industri properti yang diharapkan bisa berkontribusi signifikan terhadap perekonomian," ujar James Riady, CEO Lippo Group, seperti dikutip dari siaran pers yang diterima di Jakarta, belum lama ini.

Lippo Group akan menyiapkan transportasi internal, yaitu APM (Automated People Mover) yang dapat menghubungkan semua bagian titik di Meikarta. Dengan demikian, penghuni bisa dengan mudah mencapai berbagai pusat kegiatan.

Penggunaan transportasi umum seperti MRT dan LRT sudah menjadi rutinitas masyarakat di kota-kota besar dunia. Setiap lima menit kareta tersebut singgah untuk mengangkut penumpang di masing-masing stasiun. Jalur transportasi darat mudah diakses secara cepat dan nyaman.

Seperti di Singapura, kawasan hunian menghubungkan dengan pusat transportasi umum. Begitu juga dengan Meikarta, yang akan memiliki empat lapis jaringan transportasi, yakni memisahkan pedestrian dan kendaraan bermotor, transportasi internal di ground floor seperti monorail yang menghubungkan city-points dan area, serta pedestrian flyover di lantai dua menghubungkan ke semua gedung. (plt)

tag: #proyek-meikarta  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement