Ragam
Oleh M Anwar pada hari Selasa, 27 Feb 2018 - 13:55:00 WIB
Bagikan Berita ini :

5 Manfaat Luar Biasa Kaktus untuk Kecantikan Kulit

32duri-pada-kaktus-sebenarnya-berfungsi-sebagai-daun.jpg
Manfaat kaktus untuk kecantikan kulit. (Sumber foto : dok istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -- Kaktus merupakan tanaman yang biasa hidup di daerah panas atau padang pasir. Namun, saat ini kaktus sudah banyak tumbuh di daerah tropis seperti di Indonesia, bahkan sudah banyak yang ditanamdi halaman rumah sebagai tanaman hias.

Berbicara tentang kaktus, tentu yang ada di dalam pikiran kita adalah tanaman yang berduri. Namun, siapa sangat tanaman berduri tersebut ternyata menyimpan banyak kekayaan untuk kesehatan dan kecantikan kulit.

Tak banyak orang tahu jika kaktus memiliki banyak manfaat untuk kecantikan. Mungkin anda penasaran, apa saja manfaat kaktus untuk kecantikan kulit. Berikut Manfaat Luar Biasa Kaktus Untuk Kecantikan Kulit.

1. Anti inflamasi

Inflamasi atau peradangan yang terjadi pada kulit wajah sering kali berdampak buruk pada kesehatan dan kecantikan kulit. Inflamasi atau peradangan akan menyebabkan kerusakan pada kolagen kulit sehingga kulit menjadi kering, kasar hingga muncul tanda penuaan seperti keriput.
Nah, kaktus memiliki sifat anti inflamasi serta mengandung flavonoid yang dapat mencegah peradangan. Selain itu, kaktus juga mengandung analgesic propertis, yaitu kandungan yang dapat meredakan peradangan dan rasa sakit. Karena hal tersebutlah, kaktus juga sering kali dijadikan sebagai obat luka.

2. Melawan radikal bebas

Dalam kehidupan sehari-hari kita tak akan bisa menghindar dari yang namanya radikal bebas seperti sinar UV matahari, polusi, asap dan lain sebagainya. Seperti yang kita ketahui, radikal bebas menyebabkan berbagai masalah pada kesehatan dan kecantikan kulit.
Radikal bebas akan di lawan oleh antioksidan. Nah, kaktus mengandung antioksidan yang dapat melawan radikal bebas. Selain itu, kaktus juga mengandung vitamin E yang baik untuk memperbaiki kerusakan kulit.

3. Melembabkan kulit

Kaktus memang tanaman yang tumbuh digurun pasir atau ditempat yang panas dan jarang air. Naun, tanaman kaktus sangat kaya akan kandungan air. Hal inilah yang membuat kaktus bisa melembabkan kulit. Kandungan air yang melimpah pada kaktus dapat membuat kulit menjadi lembab.

4. Mencegah penuaan pada kulit

Penuaan seperti keripu, atau munculnya garis halus pada kulit wajah memang menjadi momok yang menakutkan bagi wanita karena dapat merusak kecantikan dan menurunkan rasa percaya diri pada wanita.
Nah, seperti yang dijelaskan pada point-poin sebelumnya, kaktus memiliki sifat anti inflamasi serta dapat melawan radikal bebas sehingga masalah penuaan dapat dicegah. Selain itu kaktus juga kaya akan kandungan air yang juga dapat membuat kulit menjadi lembab dan penuaan dapat dicegah.

5. Memperbaiki kerusakan sel kulit

Kaktus mengandung vitamin E serta kaya akan kandungan air yang baik untuk memperbaiki sel kulit serta kolagen yang rusak akibat radikal bebas. Nah, dengan demikian, kaktus baik untuk memperbaiki sel kulit sehingga kulit menjadi sehat dan cantik.
Demikianlah informasi tentang Manfaat Luar Biasa Kaktus Untuk Kecantikan Kulit. Kaktus dikenal sebagai tamanan berduri, namun dibalik itu, kaktus menyimpan manfaat luar biasa untuk kecantikan kulit. (aim)

tag: #kesehatan  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Ragam Lainnya
Ragam

Film Buya Hamka Luar Biasa, Wajib Ditonton dan Perlu

Oleh Abdullah Al Faqir/Adang Suhardjo
pada hari Sabtu, 29 Apr 2023
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketika saya menerima undangan dari Chandra Tirta W saat itu saya sedang di Bandung, dan saya mempercepat kepulangam ke Jakarta dari rencana sebelumnya akan pulang hari ...
Ragam

Abdul Wachid Gelar Acara Bukber dan Santunan Bersama 1000 Anak-anak Yatim dan Piatu

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Anggota DPR RI dari fraksi partai Gerindra, Abdul Wachid mengadakan acara buka bersama dan santunan bagi seribuan anak-anak Yatim dan Piatu di kediamannya. Rangkaian ...