Ragam
Oleh M Anwar pada hari Selasa, 27 Feb 2018 - 14:50:00 WIB
Bagikan Berita ini :

Makan Ikan Mentah Bisa Menyebabkan Infeksi Cacing Parasit

85download (1).jpg
Bahayanya memakan ikan mentah seperti salmon. (Sumber foto : dok istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -- Ikan salmon dan ikan tuna merupakan salah satu bahan pokok pada hidangan sushi. Umumnya ikan jenis ini dikonsumsi secara mentah bersamaan dengan sayur, nasi, nori, kecap asin dan wasabi. Meski terasa nikmat, namun ada bahaya mengintai dari mengonsumsi ikan mentah.

Pasalnya, jika tidak disiapkan dengan benar, ikan mentah bisa membawa parasit hingga memicu masalah kesehatan. Para dokter telah memperingatkan mengonsumsi ikan mentah bisa menyebabkan terjadinya anisakiasis.

Anisakiasis merupkan infeksi yang disebabkan oleh cacing ascaris lumbricoides yang ada dalam usus, perut atau kerongkongan. Cacing jenis ini pun tergolong zoonosis yang berbahaya. Salah satu kasus terjadi pada pria berusia 32 tahun asal Portugal.

Awalnya pria ini mengalami sakit perut, muntah dan demam selama satu minggu setelah mengonsumsi ikan mentah di sebuah restoran Jepang. Ia pun dilarikan ke rumah sakit dan dilakukan pemeriksaan melalui endoskopi untuk melihat bagian dalam tubuhnya.

Berdasarkan pemeriksaan, ditemukan larva dari sebuah parasit ikan yang bernama anisakis menempel pada lapisan usus yang bengkak. Dokter pun memutuskan untuk mengeluarkan larva tersebut dengan jaring kecil khusus. Setelah larva berhasil dikeluarkan, kondisi pria ini semakin membaik.

Terkait kasus ini, Dr. Joana Carmo dari rumah sakit Egas Moniz di Lisboa, Portugal mengatakan, anisakiasis mirip dengan gejala abdomen akut, yaitu nyeri pada perut yang memerlukan tindakan bedah untuk mengatasinya.

Selain sakit perut, muntah dan demam, kondisi ini juga memiliki gejala seperti mual, pencernaan berdarah, gangguan usus dan perforasi (kebocoran) usus. (aim)

tag: #kesehatan  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Ragam Lainnya
Ragam

Film Buya Hamka Luar Biasa, Wajib Ditonton dan Perlu

Oleh Abdullah Al Faqir/Adang Suhardjo
pada hari Sabtu, 29 Apr 2023
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketika saya menerima undangan dari Chandra Tirta W saat itu saya sedang di Bandung, dan saya mempercepat kepulangam ke Jakarta dari rencana sebelumnya akan pulang hari ...
Ragam

Abdul Wachid Gelar Acara Bukber dan Santunan Bersama 1000 Anak-anak Yatim dan Piatu

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Anggota DPR RI dari fraksi partai Gerindra, Abdul Wachid mengadakan acara buka bersama dan santunan bagi seribuan anak-anak Yatim dan Piatu di kediamannya. Rangkaian ...