Berita
Oleh bara ilyasa pada hari Selasa, 27 Feb 2018 - 14:46:49 WIB
Bagikan Berita ini :

Jokowi Harus Didampingi Cawapres Luar Jawa

8watubun.jpg
Ketua Dewan Kehormatan DPP PDIP Komarudin Watubun (Sumber foto : ist)


JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Ketua Dewan Kehormatan DPP PDIP Komarudin Watubun menilai penentuan cawapres Jokowi pada Pilpres 2019 haru mempertimbangkan faktor wilayah.

Dai menjelaskan Jokowi yang berasal dari Pulau Jawa harus didampingi sosok dari luar Jawa. Seperti saat ini, Jokowi didampingi Jusuf Kalla yang mewakili wilayah Indonesia Tengah dan Timur.

"Faktor kewilayahan Indonesia itu kan dari Sabang sampai Merauke, bukan Pulau Jawa saja. Jadi sebaiknya kepemimpinan ke depan itu kayak sekarang, dengan Pak JK. Itu sudah bagus," ujar Komaruddin di komplek parlemen, Jakarta, Selasa (27/2/2018).

"Jadi itu (faktor wilayah) hal-hal sensitif yang membutuhkan sensitivitas pemimpin kita. Politik itu kan bicara soal partisipasi, jadi tidak hanya lihat dari satu sisi. Nanti kalau ke depan ada daerah yang berontak lagi, baru kita kaget. Jadi kita jangan jadi bangsa pelupa," lanjutnya.

Namun demikian, dia menilai tidak mungkin Jusuf Kalla akan kembali diusung sebagai cawapres Jokowi. Hal itu dilarang oleh undang-undang karena Kalla sudah dua kali menjabat wakil presiden.

"Tidak mungkin dia (JK) maju lagi. Sudah dua periode kan. Nah tapi kan sekarang misalnya Pak Jokowi bisa ambil dari Sumatera, Kalimantan, atau lain lain. Jadi Kebhinekaan kita ini harus kita jaga," jelasnya.

Selain itu, menurut dia, sosok pendamping Jokowi harus dari kalangan muda agar terjadi regenerasi kepemimpinan.

"Pandangan saya, bangsa ini masa terus begini, sudah berpuluh tahun merdeka masih begini cara berfikirnya. Harus ada keberanian untuk melakukan cawapres itu lebih muda. Kalau tidak seusia pak Jokowi. Supaya lima tahun ke depan menentukan regenerasi pemimpin bangsa," tandasnya.(plt)

tag: #pdip  #pilpres-2019  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 28 Mar 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital. Melalui kerja sama dengan PT Jalin Pembayaran ...
Berita

DPR Sahkan RUU Daerah Khusus Jakarta Jadi UU

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --DPR RI resmi mengesahkan Rancangan Undang-Undang Daerah Khusus Jakarta (RUU DKJ) menjadi Undang-Undang (UU). Pengesahan dilakukan pada Rapat Paripurna DPR RI ke-14, di ...