Ragam
Oleh M Anwar pada hari Kamis, 01 Mar 2018 - 08:15:00 WIB
Bagikan Berita ini :

Kelelahan, Anda Tak Boleh Lakukan Lima Hal Ini

71sindrom-kelelahan-kronis.jpg
Ilustrasi: kelelahan. (Sumber foto : dok istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENYAN) -- Kelelahan mengakibatkan seluruh tubuh sulit digunakan untuk beraktivitas. Rasanya ingin terus berdiam diri dan bermalas-malasan. Kelelahan juga akan membuat konsentrasi Anda tidak fokus. Kemudian, Anda akan susah tidur baik siang atau pun malam.

Maka dari itu, kelelahan dapat merusak semua fungsi tubuh, mulai dari pelepasan hormon tidak stabil, suhu tubuh, pengendalian berat badan, memori buruk, dan suasana hati.

Anda harus mulai mengubah gaya hidup jika kelelahan mulai melanda. Anda harus mengurangi kafein, alkohol, hinggaharus rajin berolahraga, dan konsumsi makanan bergizi.

Selain itu, ada lima hal yang harus dihindari jika tengah kelelahan:

1. Jangan terlalu banyak minum kopi.

Kafein akan bertahan dalam perut selama lima jam. Hal ini akan membuat Anda sulit tidur dan tubuh semakin lelah.

2. Jangan terlalu lama berbaring (nap).

Tidur siang baiknya dilakukan selama 20 sampai 30 menit. Jangan lebih dari itu. Jika lebih, tubuh Anda akan semakin letih dan susah tertidur malam harinya.

3. Jangan buka media sosial.

Saat ini, hal apapun harus dibagi di media sosial. Namun ketika kelelahan, cobalah tinggalkan media sosial untuk sementara waktu. Cahaya layar ponsel atau gawai lainnya dapat memengaruhi otak dan membuat Anda sulit tidur.

4. Jangan makanjunk food.

Saat lelah dan letih, Anda tentu menginginkan makanan yang Anda sukai, termasukjunk food. Sebaiknya, hindarijunk foodkarena bisa menyebabkan berat badan Anda bertambah.

5. Jangan tidur telat di akhir pekan.

Tidurselama akhir pekan akan mengganggu siklus tidur Anda. Hal ini mendorong tubuh Anda untuk tidur dan bangun telat di kemudian hari. Sehingga saat Senin pagi, tubuh Anda akan merespon untuk bangun terlambat. (aim)

tag: #kesehatan  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Ragam Lainnya
Ragam

Film Buya Hamka Luar Biasa, Wajib Ditonton dan Perlu

Oleh Abdullah Al Faqir/Adang Suhardjo
pada hari Sabtu, 29 Apr 2023
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketika saya menerima undangan dari Chandra Tirta W saat itu saya sedang di Bandung, dan saya mempercepat kepulangam ke Jakarta dari rencana sebelumnya akan pulang hari ...
Ragam

Abdul Wachid Gelar Acara Bukber dan Santunan Bersama 1000 Anak-anak Yatim dan Piatu

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Anggota DPR RI dari fraksi partai Gerindra, Abdul Wachid mengadakan acara buka bersama dan santunan bagi seribuan anak-anak Yatim dan Piatu di kediamannya. Rangkaian ...