Berita
Oleh Ferdiansyah pada hari Kamis, 01 Mar 2018 - 14:39:51 WIB
Bagikan Berita ini :

Pemerintah Berencana Pindahkan 224 Kampung Asmat

33Nila-Moeloek.jpg
Nila F Moeloek (Sumber foto : Istimewa)

TABANAN (TEROPONGSENAYAN)--Pemerintah berencana memindahkan 224 kampung di Kabupaten Asmat, Papua ke daerah yang mudah dijangkau.

Hal itu dimaksudkan agar bisa memberikan pelayanan kesehatan secara maksimal.

"Memang lokasinya sangat jauh harus ditempuh dengan sepuluh jam perjalanan dengan menggunakan kapal cepat," kata Menteri Kesehatan, Nila Farid Moeloek, saat ditemui di sela-sela kampanye Imunisasi Japanese Enchepalitis (JE) di Tabanan, Bali, Kamis (1/3/2018).

Soal masalah kasus kejadian luar biasa (KLB) di Asmat, Nila mengklaim, kasus campak dan gizi buruk yang terjadi di wilayah tersebut sudah bisa teratasi.

Saat ini, pemerintah bersama Kementerian Kesehatan akan menfokuskan pada keadaan lingkungan dan budaya di kabupaten setempat.

Pihaknya menilai bahwa lingkungan di Kabupaten Asmat sangat mudah menularkan penyakit karena penduduk yang tinggal di atas rawa-rawa dan muara.

"Jika air laut pasang maka air rawa akan naik dan memasuki rumah dengan membawa berbagai kuman," ujarnya.

Nila menyebutkan persoalan ketersediaan pangan juga menjadi masalah, karena penduduk lokal hanya mengonsumsi umbi-umbian yang ditanam seadanya.

Sementara itu, Menkes Nila Farid Moeloek saat mencanangkan kampanye Imunisasi JE di SMP Negeri 1 Tabanan menegaskan bahwa imunisasi JE dilakukan untuk mencegah penyakit radang otak itu dengan meningkatkan kekebalan spesifik individu terhadap virus JE.

"Hari ini kita akan canangkan dimulainya kampanye imunisasi JE di seluruh Provinsi Bali. Kegiatan ini akan berlangsung selama dua bulan penuh dengan menyasar anak berusia 9 bulan sampai kurang dari 15 tahun," katanya.

Kegiatan introduksi ditandai dengan kampanye Imunisasi JE yakni upaya pemberian imunisasi JE secara massal pada Maret hingga April 2018 dan "sweeping" untuk menjangkau sasaran yang belum diberikan imunisasi.

Pelayanan imunisasi juga dilakukan di pos pelayanan yang telah ditentukan seperti pendidikan anak usia dini (PAUD), taman kanan-kanak, SD/MI/sederajat, SDLB, dan SMP/MTs/sederajat.(yn/ant)

tag: #papua  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

TKN Akan Gelar Nobar Sidang Putusan Sengketa Pilpres

Oleh Sahlan Ake
pada hari Jumat, 19 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran bakal menggelar acara nonton bareng sidang putusan sengketa hasil Pilpres 2024. Acara itu akan digelar secara sederhana bersama ...
Berita

Kemenhub Catat Arus Mudik-Balik Lebaran 2024 Capai 242 Juta Orang

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melaporkan pergerakan secara nasional angkutan arus mudik-balik Lebaran 2024 mencapai 242 juta orang. Kemenhub menilai pelaksanaan ...