Ragam
Oleh M Anwar pada hari Minggu, 04 Mar 2018 - 19:15:00 WIB
Bagikan Berita ini :

Minum Air di Kulit Durian Ternyata Bisa Cegah Panas Dalam

60Fakta-Unik-Kulit-Durian-Ini-Bikin-Takjub.jpg
Manfaat kulit durian. (Sumber foto : dok istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -- Durian menjadi salah satu primadona buah di Indonesia. Tak jarang pula orang-orang mengadakan pesta durian ketika musimnya tiba.

Sayangnya, terlalu banyak mengonsumsi durian tidaklah baik untuk kesehatan tubuh. Durian yang dikonsumsi terlalu banyak akan membuat tenggorokan tidak nyaman.

Sementara itu, ada kepercayaan sebagian masyarakat bahwa meminum air dari kulit durian akan mencegah panas dalam.

Menurut penelitian yang dilakukan universitas di Inggris dan Thailand dalam Carbohydrate Polymers, kulit durian nyatanya mengandung zat pektrin, yaitu senyawa golongan karbohidrat yang mampu menghambat pertumbuhan bakteri penyebab penyakit.

Meski demikian, masih perlu dilakukan penelitian yang lebih lanjut lagi untuk memastikan mencegah panas dalam dengan minum air dari kulit durian.

Selain itu, ternyata buah khas Asia Tenggara ini juga memiliki beragam manfaat bagi kesehatan. Berikut di antaranya:

1. Melancarkan Pencernaan

Durian memiliki tekstur daging yang lembut dan rasanya manis cenderung creamy. Meski rasa dan teksturnya berbeda dari buah lain, durian tetap kaya serat yang berguna untuk membantu melancarkan pencernaan.

Selain melancarkan pencernaan, serat yang ada di dalam durian juga bisa mengurangi kembung, mulas, kram, sembelit, dan mengatasi penyumbatan di usus.

2. Menenangkan Pembuluh Darah

Ternyata, durian juga mengandung potassium, sama seperti pisang. Potassium adalah zat yang bertugas menyeimbangkan kandungan garam dan cairan yang ada di dalam tubuh kita.

Jika potassium di dalam tubuh kita dalam keadaan cukup, pembuluh darah pun akan menjadi tenang. Saat pembuluh darah sudah tenang, stress pun akan berkurang.

3. Menjaga Kesehatan Tulang

Durian juga mengandung magnesium, mangan, dan tembaga. Zat-zat itu bisa membantu pertumbuhan tulang. Kandungan potassium yang ada di dalam durian juga bisa meningkatkan penyerapan nutrisi oleh sel-sel tubuh.

4. Membantu Tidur Lebih Cepat

Durian juga mengandung tryptophan. Jika zat tryptophan yang ada di dalam durian masuk ke dalam otak, zat itu akan diubah menjadi serotonin.

Serotonin dalam jumlah yang banyak bisa mendorong produksi hormon melatonin. Nah, hormon melatonin inilah yang bisa menyebabkan kita mengantuk dan juga merasa rileks.

5. Mencegah Anemia

Kandungan lain yang ada di dalam durian adalah asam folat, zat besi, dan tembaga. Zat-zat itu cukup penting untuk produksi sel-sel darah merah.

Jadi, durian itu baik dan bisa dikonsumsi oleh penderita anemia. (aim)

tag: #kesehatan  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Ragam Lainnya
Ragam

Film Buya Hamka Luar Biasa, Wajib Ditonton dan Perlu

Oleh Abdullah Al Faqir/Adang Suhardjo
pada hari Sabtu, 29 Apr 2023
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketika saya menerima undangan dari Chandra Tirta W saat itu saya sedang di Bandung, dan saya mempercepat kepulangam ke Jakarta dari rencana sebelumnya akan pulang hari ...
Ragam

Abdul Wachid Gelar Acara Bukber dan Santunan Bersama 1000 Anak-anak Yatim dan Piatu

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Anggota DPR RI dari fraksi partai Gerindra, Abdul Wachid mengadakan acara buka bersama dan santunan bagi seribuan anak-anak Yatim dan Piatu di kediamannya. Rangkaian ...