TSJatim

Khofifah-Emil Sodorkan Program 'Gemilang' di Pasar Praban

Oleh Ferdiansyah pada hari Senin, 05 Mar 2018 - 08:26:11 WIB | 0 Komentar

Bagikan Berita ini :

73Khofifah-Emil-Dardak.jpg

Khofifah Indar Parawansa dan Emil Dardak (Sumber foto : Istimewa)

SURABAYA (TEROPONGSENAYAN)--Pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak mendorong program 'Gemilang' agar bisa diterapkan di Pasar Praban, Surabaya.

"Gemilang adalah singkatan dari Gerakan Mutu Industri Cemerlang, merupakan salah satu program prioritas kami dalam membangun Jawa Timur yang tertuang dalam Nawa Bakti Satya," ujar Emil di Surabaya, Minggu (4/3/2018).

Bupati Trenggalek nonaktif ini meyakini program tersebut dapat diterapkan untuk mengembangkan produk-produk yang dijual di Pasar Praban Surabaya.

Emil telah mengunjungi pasar yang berlokasi di Jalan Praban Surabaya itu pada Sabtu malam, 3 Maret. Dia mengapresiasi pasar yang berdiri sejak era 1970-an itu tetap bertahan di tengah wilayah segitiga emas Kota Surabaya, yang lokasinya bersinggungan dengan Jalan Tunjungan dan Emong Malang Surabaya.

"Ini menarik. Keberadaan Pasar Praban yang digerakkan oleh usaha kecil menengah sampai sekarang tetap hidup di tengah pesatnya pertumbuhan pusat perbelanjaan modern yang terus bermunculan di Kota Surabaya," katanya.

Pasar Praban sejak dulu dikenal sebagai pusat penjualan sepatu dan peralatan musik, khususnya gitar. Suami artis Arumi Bachsin ini saat mendatangi satu persatu toko di sepanjang Jalan Praban menemukan banyak sepatu merek lokal yang dinilai mampu bersaing dengan produk luar negeri.

"Gitar-gitar buatan lokal ketika saya coba mainkan suaranya juga terdengar lumayan. Hanya tinggal mencari penyempurnaan-penyempurnaan tambahan saja," katanya.

Bagi Emil, sudah saatnya Indonesia mengembangkan merek-merek sendiri dari produk dalam negeri. "Sekarang sudah banyak yang bisa kita buat sendiri di dalam negeri. Hanya saja kebanyakan belum punya merek paten dan terdaftar," ucapnya.

Maka perlu peran serta pemerintah membantu akses pasar agar produk lokal bisa berkembang dan dikenal bahkan sampai ke mancanegara. Untuk itu Emil bersama Khofifah telah menyiapkan Program Gemilang yang dikonsep dalam Nawa Bakti Satya untuk membantu akses dan pengembangan pasar bagi para pelaku usaha kecil menengah.

Pasangan Khofifah Indar Parawansa - Emil Elestianto Dardak, yang didukung oleh koalisi partai Demokrat, Golkar, Hanura, Nasdem, PPP dan PAN akan berebut suara di Pilkada Jatim 2018 pada 27 Juni, melawan pasangan calon nomor urut 2, Saifullah Yusuf - Puti Guntur Soekarno, yang diusung koalisi PDIP, PKB, PKS dan Gerindra.(yn/ant)

tag: #pilkada-jatim-2018  

Bagikan Berita ini :