Berita
Oleh ferdiansyah pada hari Senin, 05 Mar 2018 - 17:37:56 WIB
Bagikan Berita ini :

Akhir April, DPR Uji Cagub BI Perry Warjiyo

28perrywarjiyo.jpg
Calon Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo (Sumber foto : ist)


JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Komisi XI DPR mengagendakan untuk menggelar uji kelayakan dan kepatutan kepada calon gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo hingga akhir April 2018, atau pekan terakhir sebelum reses DPR pada 28 April 2018.

"Kami memainkan psikologi politik. Kalau bisa di akhir kenapa harus di awal," kata anggota Komisi XI DPR Hendrawan Supratikno di Jakarta, Senin (5/3/2018).

Pada Senin malam(5/3/2018), Komisi XI DPR akan menggelar rapat internal untuk menentukan jadwal tiga agenda uji kelayakan dan kepatutan di masa persidangan IV 2017-2018 ini

Selama masa persidangan periode 5 Maret hingga 27 April 2017 ini, kata Hendrawan, Komisi XI cenderung akan mendahulukan "fit and proper test" untuk deputi gubernur BI terlebih dahulu guna mencari pengganti Perry Warjiyo, kemudian anggota Badan Pemeriksa Keuangan untuk mengganti Agung Joko S.

Perry, bankir karir bank sentral, saat ini memang masih menjabat sebagai Deputi Gubernur BI sejak 2013.

Hendrawan mengakui seleksi calon gubernur BI akan sarat dengan riak-riak politik dan menjadi agenda paling sengit di Komisi XI pada masa persidangan ini.

"Semakin diundur, semakin banyak kami dapat panggung," ujar dia.

Hendrawan mengatakan dalam Fraksi PDI Perjuangan, seluruh anggota menyatakan suara yang sama untuk mengawal terpilihnya Perry sebagai calon gubernur BI.

"Fraksi kami jelas posisinya sebagai partai pendukung pemerintah. Kalau sudah diajukan Presiden Joko Widodo, berati sudah melewati proses kajian yang matang," ujar dia.

Komisi XI juga akan meminta pendapat kalangan industri keuangan dan juga akademisi guna membahas kapasitas Perry.

"Perhimpunan Bank-Bank Nasional (Perbanas) dan Himpunan Bank-Bank Negara (Himbara) akan segera dimintai pendapatnya," ujarnya.

Pada Senin, DPR sudah secara resmi memproses surat Presiden Joko Widodo untuk pengajuan calon gubernur BI 2018-2023 Perry Warjiyo, setelah surat tersebut dibacakan di sidang paripurna.

Ketua DPR Bambang Soesatyo mengatakan pengajuan Perry Warjiyo akan dibawa ke rapat Badan Musyawarah (Bamus) DPR pada Selasa (6/3).

DPR secara resmi meminta calon gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo dapat menyinergiskan kebijakan moneter Bank Sentral dengan kebijakan fiskal pemerintah, jika pencalonannya nanti disetujui oleh parlemen.

"Bauran kebijakan moneter BI harus tetap menstimulus pertumbuhan ekonomi dan berdampak langsung terhadap kesejahteraan rakyat," kata Bambang.

Presiden Jokowi hanya mengajukan calon tunggal Perry Warjiyo untuk menjabat sebagai gubernur BI periode 2018-2023, menggantikan Agus Martowardojo. Perry saat ini masih menjabat sebagai Deputi Gubernur BI. (plt/ant)

tag: #bank-indonesia  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 28 Mar 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital. Melalui kerja sama dengan PT Jalin Pembayaran ...
Berita

DPR Sahkan RUU Daerah Khusus Jakarta Jadi UU

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --DPR RI resmi mengesahkan Rancangan Undang-Undang Daerah Khusus Jakarta (RUU DKJ) menjadi Undang-Undang (UU). Pengesahan dilakukan pada Rapat Paripurna DPR RI ke-14, di ...