Berita
Oleh Ferdiansyah pada hari Rabu, 07 Mar 2018 - 08:19:09 WIB
Bagikan Berita ini :

NTB Bakal Kembangkan Tiga Kawasan Strategis

74Tuan-Guru-Bajang-TS.jpg
TGH Muhammad Zainul Majdi alias Tuan Guru Bajang (Sumber foto : Yunan Nasution/TeropongSenayan)

MATARAM (TEROPONGSENAYAN)--Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) akan mengembangkan tiga kawasan strategis di daerah itu. Meski begitu, Gubernur NTB TGH Muhammad Zainul Majdi meminta dukungan pemerintah pusat guna mewujudkan hal tersebut.

"Rencananya itu adalah pembangunan tiga kawasan potensial yaitu KEK Mandalika, kawasan Samota dan Global Hub Bandar Kayangan," ujar Muhammad Zainul Majdi di hadapan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Bambang Brodjonegoro dalam Rapat Koordinasi Teknis Perencanaan Pembangunan tahun 2018 regional II di Mataram, NTB, Selasa (6/3/2018).

Menurut tokoh yang kerap disapa Tuan Guru Bajang (TGB) itu, ketiga kawasan tersebut tidak bisa diselesaikan sendiri oleh daerah. Namun, diperlukan koordinasi dan regulasi dari pemerintah pusat. Demikian juga dukungan pendanaan dan segala yang diperlukan dalam pembangunan, agar kawasan yang sangat potensial ini bisa berhasil di masa-masa yang akan datang.

"Kita koordinasikan dengan pusat soal program strategis. Yang sudah masuk Alhamdulillah. Yang tidak masuk kita carikan skema lain. Seperti Global Hub kita diminta berikan kesempatan pusat untuk menghimpun investor dan mencari skema lain dalam membiayai pembangunan," jelasnya.

Menanggapi hal itu, Bambang Brodjonegoro menyarankan kepada pemerintah daerah agar tidak terlalu bergantung pada dana APBN dan APBD dalam mendanai proyek infrastruktur.

Meski diakui Bambang, dari tiga yang diusulkan Pemerintah Provinsi NTB, yakni Mandalika, Global Hub dan Samota, hanya Mandalika yang telah masuk menjadi program prioritas nasional.

"Untuk Global Hub kita menyarankan lebih kepada skema melalui badan usaha tidak melalui pemerintah. Jadi tidak lagi tergantung APBN dan APBD," terangnya.

Kendati demikian, pemerintah lanjut Bambang tetap akan membantu pemerintah daerah, namun dari sisi penyelenggaraannya.

"Kita (pemerintah pusat, red) tetap akan membantu daerah," tandasnya.(yn/ant)

tag: #tgb  #tuan-guru-bajang  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 28 Mar 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital. Melalui kerja sama dengan PT Jalin Pembayaran ...
Berita

DPR Sahkan RUU Daerah Khusus Jakarta Jadi UU

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --DPR RI resmi mengesahkan Rancangan Undang-Undang Daerah Khusus Jakarta (RUU DKJ) menjadi Undang-Undang (UU). Pengesahan dilakukan pada Rapat Paripurna DPR RI ke-14, di ...