Berita
Oleh Ferdiansyah pada hari Sabtu, 10 Mar 2018 - 11:27:04 WIB
Bagikan Berita ini :

Puluhan Ormas Islam Sepakat Perangi Hoaks

80Said-Aqil-Siradj.jpg
Said Aqil Siradj (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Berita bohong atsu hoaks belakangan ini makin masif beredar di media sosial. Hal itu juga menjadi sorotan 14 Organisasi Masyarakat (Ormas) Islam, yang tergabung dalam Lembaga Persahabatan Ormas Islam (LPOI).

Ketua LPOI Said Aqil Siroj mengatakan, pihaknya sepakat untuk bersama-sama memerangi informasi yang menyesatkan, dan mendukung polisi dan masyarakat untuk melawan hoaks.

"Akhir-akhir ini kita disibukkan dengan fitnah, adu domba, kebohongan, provokasi dari orang-orang tertentu yang berusaha memecah belah kesatuan dan mengatasnamakan agama Islam," ujar Said Aqil di Sekertariat LPOI, Jakarta, Jumat (9/3/2018).

Said yang juga Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) itu menegaskan, dalam ajaran islam yang sesungguhnya Al-Quran melarang umatnya untuk memfitnah atau menyakiti satu sama lain.

"Kami mengimbau untuk tidak mudah percaya atau terprovokasi pada berita-berita yang menyinggung serta menjelek-jelekan kelompok atau individu," ajaknya.

Ia mengutuk para pelaku yang mengadu domba dan melakukan ujaran kebencian atas nama apapun dan meminta polri segera menuntaskan masalah ini.

"Kami mengutuk mereka (kelompok) yang menerbitkan hoax di medsos yang berupaya memecah belah NKRI, mengutuk mereka yang mengadu domba antar suku, agama, ras, dan antar golongan dan terakhir kami (NU dan LPOI) menyatakan perang terhadap hoax," tandasnya.

Ormas-ormas yang tergabung dalam LPOI diantaranya NU, Persatuan Islam (Persis), Al-Irsyad Al-Islamiyah, Mathlaul Anwar, Ittihadiyah, Persatuan Islam Tionghoa Indonesia (PITI), IKADI, Azzzikra, Syrikat Islam Indonesia, Alwashliyah, Persatuan Tarbiyah Islamiyah, Persatuan Umat Islam (PUI), Himpunan Bina Muallaf Indoneisa (HBMI), dan Nahdlatul Wathon.(yn)

tag: #hoax  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement