Berita
Oleh mandra pradipta pada hari Selasa, 13 Mar 2018 - 18:31:39 WIB
Bagikan Berita ini :

Demokrat Bantah Main Tiga Kaki di Pilpres 2019

58demokrat.jpg
Bendera Partai Demokrat (Sumber foto : ist)


JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Wakil Ketua Umum Partai Demokrat, Nurhayati Assegaf membantah partainya memainkan politik tiga kaki pada Pilpres 2019.

Menurutnya, Demokrat hanya memiliki dua kaki. Oleh karenaya, dia keberatan jika Demokrat dianggap bermain tiga kaki karena membuka peluang ke poros Joko Widodo, Prabowo Subianto, dan poros ketiga.

"Kita cuma dua kaki. Namun, politik saat ini masih sangat cair," kata Nurhayati di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (13/3/2018).

Apalagi, lanjut dia, waktu pendaftaran capres dan cawapres masih panjang sehingga wajar bila Demokrat membuka berbagai peluang.

"Demokrat masih terus melakukan komunikasi politik, dengan siapa saja," ujarnya.

Nurhayati menyatakan aturan presidential threshold 20 persen mengharuskan Demokrat untuk berkoalisi.

"Kami menyadari, suara Demokrat tidak mencukupi untuk mencalonkan capres sendirian. Jadi kepada siapa saja (berkoalisi) masih terbuka," ungkapnya.

Sebelumnya, Ketua Dewan Pimpinan Pusat Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Mardani Ali Sera mengakui jika peta politik Pilpres 2019 masih sangat cair. Karena itu, wajar bagi Partai Demokrat ‎menjalin komunikasi dengan siapapun terkait Pilpres 2019.

"Demokrat dengan Rapimnas kemarin, menurut saya masih tetap mendua peluang, meniga bahkan," kata Mardani di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (12/3/2018).

Adapun politik tiga kaki yang dimaksud yakni Demokrat berpeluang berada di tiga poros pilpres 2019. Partai yang dipimpin Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ini bisa saja bergabung ke poros Prabowo Subianto.

Di sisi lain, terbuka peluang bagi Demokrat bersama Joko Widodo dalam Pilpres 2019. Terakhir, Demokrat memiliki peluang membentuk poros ketiga bersama PAN dan PKB.

‎"Bahkan peluang buat poros ketiga, sangat besar. Peluang mendukung Jokowi dengan catatan AHY masuk, juga besar. Sedangkan peluang gabung Pak Prabowo, ada," tegasnya.(plt)

tag: #partai-demokrat  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

TKN Akan Gelar Nobar Sidang Putusan Sengketa Pilpres

Oleh Sahlan Ake
pada hari Jumat, 19 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran bakal menggelar acara nonton bareng sidang putusan sengketa hasil Pilpres 2024. Acara itu akan digelar secara sederhana bersama ...
Berita

Kemenhub Catat Arus Mudik-Balik Lebaran 2024 Capai 242 Juta Orang

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melaporkan pergerakan secara nasional angkutan arus mudik-balik Lebaran 2024 mencapai 242 juta orang. Kemenhub menilai pelaksanaan ...