Berita
Oleh Syamsul Bachtiar pada hari Rabu, 14 Mar 2018 - 08:50:35 WIB
Bagikan Berita ini :

Taufik Kurniawan Pertanyakan Kelaikan Alutsista TNI

29tank-M113.jpg
Tank M113 (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan mempertanyakan kelaikan Alat Utama Sistem Persenjataan (Alutsista) milik TNI.

Pasalnya, kurang dari sepekan, terjadi dua kali kecelakaan menimpa alutsista TNI. Bahkan, akibat insiden itu mengakibatkan jatuhnya korban jiwa.

Pertama, tenggelamnya tank M113 di Sungai Bogowonto, Jawa Tengah, Sabtu (10/3/2018) lalu. Kedua, baru saja terjadi pagi ini Senin (12/6/2018), satu kapal motor cepat (KMC) TNI yang mengangkut personel Kodam Jaya tenggelam di Kepulauan Seribu, DKI Jakarta.

“Terjadinya kecelakaan yang melibatkan dua alutsista TNI dalam waktu kurang dari sepekan, tentu menjadi pertanyaan bagi kita semua. Bagaimana kelaikan alutsista TNI kita. Lalu, bagaimana jika menghadapi perang sesungguhnya,” tanya Taufik ketika dihubungi wartawan, Senin (12/3/2018).

Untuk itu, Taufik meminta TNI untuk melakukan evaluasi akibat insiden kecelakaan itu. Termasuk perlunya uji kelayakan terhadap seluruh alutsista.

“Selain itu, harus diselidiki apakah ada unsur kelalaian atau human error dalam kecelakaan itu," tandas politisi F-PAN itu.

Sebagaimana diketahui, satu tank M113 milik TNI AD tenggelam di Sungai Bogowonto, Kabupaten Purworejo, Jateng, Sabtu (10/3/2018) lalu. Akibat insiden ini, dua korban meninggal.

Sementara, satu kapal TNI tenggelam di Kepulauan Seribu saat mengangkut personel Kodam Jaya. Semula, ada dua kapal yang digunakan, yakni KMC AD-04-15 dan KMC AD-16-05. Namun di tengah perjalanan, KMC AD-16-05 mengalami mogok mesin, dan kemudian tenggelam karena dihajar ombak. Kapal KMC AD-04-15 kemudian merapat ke kapal KMC AD-16-05 untuk melakukan evakuasi.(yn)

tag: #taufikkurniawan  #tni  #wakilrakyat  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Hardjuno Pertanyakan Ketegasan Pemerintah dan DPR Soal Pemberantasan Korupsi

Oleh Sahlan Ake
pada hari Rabu, 17 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Komitmen pemerintah dan DPR terhadap agenda pemberantasan korupsi kembali dipertanyakan public seiring dengan sikap kedua institusi negara itu yang masih abu-abu ...
Berita

Tiga Tahun Berturut-Turut, Telkom Indonesia Kembali Raih Penghargaan Linkedin Top Companies 2024

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Konsisten mewujudkan transformasi sumber daya manusia, Telkom Indonesia kembali meraih penghargaan sebagai tempat kerja terbaik untuk mengembangkan karier versi LinkedIn ...