Berita
Oleh Ferdiansyah pada hari Sabtu, 17 Mar 2018 - 22:12:21 WIB
Bagikan Berita ini :

Peringatan Hari Raya Nyepi, Bamsoet Berpesan Jaga Perdamaian

14Bamsoet-mobil-mewah.jpg
Bambang Soesatyo (Sumber foto : Istimewa)

AMBON (TEROPONGSENAYAN)--Ketua DPR Bambang Soesatyo berharap, perayaan Hari Raya Nyepi 2018 bisa dijadikan pegangan untuk menjaga perdamaian dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

"Hari ini saudara-saudara kita umat Hindu melakukan berbagai ritual. Mari kita jadikan ritual tersebut untuk saling mawas diri, membersihkan diri lahir bathin, menyatukan pikiran, meneguhkan hati, serta memohon kepada Tuhan Yang Maha Kuasa agar diberikan kekuatan menjalankan kehidupan yang lebih baik di masa mendatang," pesan politisi Golkar yang akrab dipanggil Bamsoet ini di Ambon, Sabtu (17/3/2018).

Dalam menyambut Hari Raya Nyepi, umat Hindu melakukan Tapa Brata dan berbagai ritual. Antara lain Amati Geni (pantang menyalakan api), Amati Karya (menghentikan aktivitas kerja), Amati Lelanguan (pantang menghibur diri), dan Amati Lelungaan (pantang berpergian).

"Saudara-saudara kita pemeluk Hindu telah memberikan contoh bagaimana menggapai keseimbangan dan keharmonisan hidup melalui perayaan Hari Raya Nyepi. Bagi mereka, baik-buruk, menang-kalah, kaya-miskin, sengsara-bahagia, merupakan ujian kehidupan untuk dapat mengendalikan diri. Saya menaruh rasa hormat yang besar kepada mereka," ujar Bamsoet.

Mantan Ketua Komisi III ini berharap perayaan Hari Raya Nyepi yang kental dengan berbagai upacara budaya perlu tetap dilestarikan. Menurutnya, ada berbagai nilai sejarah dan makna yang terkandung didalamnya. Budaya bagi Bamsoet merupakan kekuatan sekaligus kekayaan yang tak ternilai bagi bangsa.

"Selamat Hari Raya Nyepi bagi saudaraku umat Hindu. Mari bersama kita introspeksi diri lebih jauh. Tebar kebajikan, gapai kebahagiaan, ciptakan perdamaian dalam kehidupan berbangsa dan bernegara," tukasnya.(yn)

tag: #bambang-soesatyo  #bamsoet  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Pengiriman Bantuan untuk Korban Gempa Terkendala Kapal, NU Bawean Minta Jokowi Turun Tangan

Oleh Sahlan Ake
pada hari Jumat, 29 Mar 2024
GRESIK (TEROPONGSENAYAN) --Pengiriman bantuan logistik/sembako untuk korban Gempa Bawean, Gresik, terkendala menyusul minimnya armada kapal barang yang melayani penyeberangan dari Pelabuhan ...
Berita

Rojih Ubab Maimoen: Media Sosial Bisa Dijadikan Amal di Bulan Ramadan

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Anggota Komisi 1 DPR RI, KH. Rojih Ubab Maimoen mengajak masyarakat untuk mengunakan media digital dengan sebaik-baiknya. Apalagi, kata ia, di bulan Ramadan yang penuh ...