Survei LKPI, Pasangan Sudrajat-Syaikhu Kalahkan Ridwan-Uu
Oleh Ferdiansyah pada hari Jumat, 23 Mar 2018 - 20:22:06 WIB

Bagikan Berita ini :

41Sudrajat-Ahmad Syaiku2.jpg
Sumber foto : Istimewa
Pasangan Cagub-Cawagub Jabar 2018, Sudrajat-Ahmad Syaikhu

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Elektabilitas calon gubernur dan calon wakil gubernur Jawa Barat (Jabar) 2018 Sudrajat-Ahmad Syaikhu (Asyik) terus naik, bahkan mengalahkan pasangan Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum (Rindu).

Hal itu berdasarkan hasil survei yang dirilis Lembaga Kajian Pemilu Indonesia (LKPI). Direktur Ekesekutif LKPI Arifin Nurcahyo mengatakan, elektabilitas pasangan Asyik masih unggul dari Rindu.

"Ketika secara spontan responden ditanyakan siapa yang akan dipilih jika Pilgub Jawa Barat digelar hari ini maka pasangan Sudrajat-Ahmad Syaikhu memperoleh 18,2 persen, Ridwal Kamil-Uu Ruzhanul Ulum 17,4 persen," kata Arifin melalui rilisnya, Jumat (23/3/2018).

Selanjutnya, kata Arifin, Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi 22,3 persen, Tubagus Hasanuddin-Anton Charliya 6,2 persen dan yang belum menentukan pilihan 35,9 persen.

Begitu juga kata Arifin, dalam pertanyaan tertutup menggunakan kusioner terkait pasangan Cagub yang akan dipilih nanti pada Juni 2018, pasangan urut nomor 3 ini kembali mengalahkan pasangan Rindu. Sebanyak 21,2 persen memilih nomor 3 dan sebanyak 16, 2 persen memilih pasangan Rindu.

Pasangan lainnya Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi 21,7 persen, Tubagus Hasanuddin-Anton Charliya 8,9 persen dan yang belum memilih 32,1 persen.

“Dalam tingkat kepemimpinan dan akseptabilitas, dan tingkat kapabilitas, pasangan Asyik ini mengalahkan pasangan Rindu,” tambahnya.

Tingkat kepemimpinan, Rindu 77,4 persen, Sudrajat-Ahmad Syaikhu 80,2 persen, Tubagus Hasanuddin-Anton Charliya 71,2 persen, Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi persen.

Tingkat Akseptabilitas, Ridwal Kamil-Uu Ruzhanul Ulum 71,4 persen, Sudrajat-Ahmad Syaikhu 84,2 persen, Tubagus Hasanuddin-Anton Charliya 69,2 persen, Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi 86,3 persen.

Dan untuk tingkat Kapabilitas, Ridwal Kamil - Uu Ruzhanul Ulum 61,4 persen, Sudrajat-Ahmad Syaikhu 78,2 persen, Tubagus Hasanuddin-Anton Charliya 68,2 persen, Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi 70,3 persen.

Survei dilakukan tanggal 26 Februari sd 11 Maret 2018  dengan menggunakan Metode Multistage Random Sampling dengan Margin of Error sebesar -/+ 2.1 persen. Tingkat kepercayaan survei 95 persen dengan melibatkan 2.178 responden yang tersebar di 18 kabupaten dan 9 kota di Jabar secara proposional sesuai prosentase DPT di Jabar.(yn)

tag: #pilkada-jabar-2018  

Bagikan Berita ini :

Tanggapan Anda atas berita ini?
TSPOLING

Pembaca TeropongSenayan Yth

Pilpres 2019, banyak yang menilai sebagai perang antar cawapres.Ada tiga modal yang harus dimiliki seorang cawapres guna memenangi pemilihan. Yakni elektabilitas, kapasitas, dan kemampuan logistik.

Menurut Anda, siapa kandidat cawapres yang memiliki ketiga modal tersebut:

  • Anies Baswedan
  • Airlangga Hartarto
  • Agus Harimurti Yudhoyono
  • Din Syamsudin
  • Gatot Nurmantyo
  • Mahfud MD
  • Muhaimin Iskandar
  • Muhammad Zainul Majdi
  • Rizal Ramli
  • Sohibul Imam
  • Sri Mulyani
  • Zulkifli Hasan
LIHAT HASIL POLING