Ragam
Oleh Ferdiansyah pada hari Minggu, 25 Mar 2018 - 17:17:44 WIB
Bagikan Berita ini :

Waspada, Batuk Berdahak Tak Kunjung Sembuh Gejala TBC

21Batuk.jpg
Ilustrasi (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Jangan sepelekan batuk berdahak, jika berlangsung terlalu lama bisa jadi itu tanda-tanda tubercolusis (TBC).

Dokter spesialis paru Erlina Burhan mengatakan batuk tak kunjung mereda adalah salah satu gejala penyakit yang jadi salah satu dari 10 penyebab kematian terbesar dunia.

"Gejalanya batuk berdahak yang berlangsung lebih dari dua minggu," kata Erlina dalam konferensi pers kampanye #PeduliKitaPeduliTBC di Jakarta, Minggu (25/3/2018).

Kadang kala, penderita TBC juga mengeluarkan darah saat batuk. Gejala lainnya adalah sesak nafas serta nafsu makan hilang sehingga tubuh jadi kurus kering.

"Demam hilang timbul dan muncul keringat malam walau memakai AC atau di luar sedang hujan," katanya.

Bila mengalami gejala-gejala tersebut, segera lakukan cek dahak ke pusat kesehatan masyarakat atau rumah sakit terdekat.

Di fasilitas kesehatan pemerintah, seperti puskesmas, cek dahak bisa dilakukan tanpa harus merogoh kocek. Semuanya cuma-cuma.

"Kalau positif TB, obatnya gratis," imbuh dia.

Untuk menjaga kekebalan tubuh agar tidak rentan terhadap kuman TBC, Erlina mengingatkan untuk makan dengan gizi seimbang, istirahat cukup dan tidak merokok.

Selain itu, jemur kasur dan tikar secara teratur, buka jendela rumah dari pagi hingga sore agar ada pertukaran udara. Sinar matahari yang masuk ke rumah juga bisa mencegah penularan penyakit ini karena kuman TB mati bila terpapar sinar mentari.

Dia juga menegaskan bakter penyebab TB menular lewat udara, bukan lewat piring, sendok, gelas atau pakaian penderita sehingga TBC bukan alasan untuk menjauhi seseorang.(yn/ant)

tag: #  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Ragam Lainnya
Ragam

Film Buya Hamka Luar Biasa, Wajib Ditonton dan Perlu

Oleh Abdullah Al Faqir/Adang Suhardjo
pada hari Sabtu, 29 Apr 2023
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketika saya menerima undangan dari Chandra Tirta W saat itu saya sedang di Bandung, dan saya mempercepat kepulangam ke Jakarta dari rencana sebelumnya akan pulang hari ...
Ragam

Abdul Wachid Gelar Acara Bukber dan Santunan Bersama 1000 Anak-anak Yatim dan Piatu

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Anggota DPR RI dari fraksi partai Gerindra, Abdul Wachid mengadakan acara buka bersama dan santunan bagi seribuan anak-anak Yatim dan Piatu di kediamannya. Rangkaian ...