Bisnis
Oleh M Anwar pada hari Selasa, 27 Mar 2018 - 22:40:27 WIB
Bagikan Berita ini :

Dukung Kompetensi Wartawan, Pertamina Gelar Pelatihan di Tiga Kota

92Pertamina-Wartawan.jpg
Para peserta dan nara sumber Pelatihan Fotografi dan Jurnalisme Online, di Magelang, Sabtu (24/3/2018) untuk wartawan, program PT Pertamina (Persero) dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat (Sumber foto : Humas PT Pertamina)

MAGELANG (TEROPONGSENAYAN)-- Keindahan foto tak hanya berdasarkan faktor teknologi kamera yang digunakan. Untuk memperoleh foto yang berkualitas, fotografer harus berani mengambil gambar tanpa perlu terlalu fokus pada pengaturan teknologi alat yang digunakan.

"Foto yang bagus itu belum tentu indah. Foto indah belum tentu bagus. Fotografer dituntut untuk mengambil gambar, jangan malas dan terlalu fokus untuk setting auto atau manual," jelas Fotografer Senior Harian Kompas Arbain Rambey.

Arbain menjadi salah satu pembicara pada acara Pelatihan Fotografi dan Jurnalisme Online, di Magelang, Sabtu (24/3/2018).

Pelatihan yang terselenggara untuk wartawan ini merupakan program PT Pertamina (Persero) dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat, guna meningkatkan kompetensi pewarta Indonesia untuk menghadirkan pemberitaan dan foto yang berkualitas.

Kepada sekitar 35 insan pers dari area Jawa Tengah dan Jogjakarta, Rambey menularkan pengetahuannya mengenai teknik foto jurnalistik, mulai teori hingga praktik tentang jurnalisme foto.

Selain Rambey, pendiri Kompasiana dan Founder PepNews.com Pepih Nugraha melengkapi pelatihan dengan serangkaian teori dan praktek jurnalisme online.

"Bagi media online, pemilihan judul penting untuk memancing rasa penasaran," ujar Pepih.

Pelatihan ini diadakan di Balai Ekonomi Desa (Balkondes) Pertamina di Wringin Putih, Magelang. Diharapkan dengan lokasi kreatif ini, selain memperoleh ilmu para wartawan juga dapat terinspirasi dan memperoleh energi berkreasi yang telah dihasilkan para mitra binaan CSR Pertamina.

Acara dibuka dengan sambutan dari Hendry CH Bangun selaku Sekretaris Jenderal PWI Pusat. Dilanjutkan dengan sambutan Agus Mashud selaku VP CSR & SMEPP Pertamina. Hadir pula dalam acara tersebut Ketua PWI Jawa Tengah Amir Mahmud, Ketua PWI Kabupaten Mangelang Johannes Subagio, serta Ketua PWI kota Magelang Adi Daya Perdana.

“Pers telah menjadi mitra strategis kami. Kami sangat mendukung kegiatan pelatihan semacam ini sebagai wadah pengembangan kreatifitas para wartawan, sehingga dapat menghasilkan karya-karya jurnalistik yang bertanggungjawab dan sesuai perkembangan masa kini," terang Agus Mashud.

Tak hanya di Magelang, pelatihan serupa juga akan diadakan di 2 kota lainnya yakni Rumah Kreatif Binaan (RKB) Pertamina di Klungkung (Bali) dan Riau.

Rangkaian kegiatan pelatihan tersebut adalah tindak lanjut dari Nota Kesepahaman yang telah ditandatangani perseroan dan PWI pada Hari Pers Nasional lalu. Selain itu, juga perwujudan sinergi antara Kementerian BUMN dengan PWI.(yn)

tag: #pt-pertamina  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement