Berita
Oleh Ferdiansyah pada hari Jumat, 06 Apr 2018 - 21:56:16 WIB
Bagikan Berita ini :

Penelitian Dokter Terawan Perlu Bukti Klinis Tambahan

89Dokter-Terawan.jpeg
Dokter Terawan (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Penelitian dr Terawan Agus Putranto soal metode cuci otak melalui Digital Substraction Angiography (DSA) masih memerlukan bukti-bukti klinis tambahan untuk menguatkan hasil penelitian dan untuk dipraktikan.

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementerian Kesehatan Siswanto mengatakan, penelitian dalam disertasi itu butuh uji klinis tambahan agar bisa diterima oleh kolegium dan dapat dipraktikan.

"Kalau menurut saya butuh lagi suatu bukti-bukti tambahan sehingga nanti bisa diterima secara kolegium oleh teman-teman radiologi intervensi. Ya uji klinis lagi," kata Siswanto di sela-sela acara Rapat Kerja Balitbangkes di Jakarta, Jumat (6/4/2018).

Dia menjelaskan dalam penelitian medis terdapat beberapa tahapan uji klinis yang harus dilalui hingga akhirnya hasil penelitian bisa benar-benar aman untuk dilakukan pada manusia.

Namun Siswanto tidak bisa berkomentar lebih jauh mengenai metode cuci otak yang dilakukan dr Terawan karena tidak mendalami hasil penelitiannya.

Dalam konferensi persnya dr Terawan mengatakan metode cuci otak yang dilakukannya telah melalui penelitian dalam disertasi gelar doktornya di Universitas Hassanudin Makassar bersama lima orang rekannya. Dia menyebutkan penelitian tersebut telah menghasilkan 12 jurnal ilmiah dan enam gelar doktor.

Dokter Terawan yang telah melakukan metode cuci otak sejak lama tersebut menuai banyak testimoni positif dari berbagai tokoh negeri seperti Aburizal Bakrie, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, mantan Ketua MK Mahfud MD yang merupakan sejumlah pasien terapi cuci otak dr Terawan.

Pasien-pasien tersebut mengatakan merasa sangat terbantu berkat menjalani terapi cuci otak pada dr Terawan.(yn/ant)

tag: #kementerian-kesehatan  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Fadel Muhammad: Fungsi Pengawasan DPD Fokus pada Masalah-Masalah di Daerah

Oleh Sahlan Ake
pada hari Jumat, 29 Mar 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Wakil Ketua MPR Prof. Dr. Ir. Fadel Muhammad mengatakan fungsi pengawasan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) harus lebih diperkuat dalam pengawasan terhadap pemerintah daerah. ...
Berita

Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital. Melalui kerja sama dengan PT Jalin Pembayaran ...