Berita
Oleh Syamsul Bachtiar pada hari Minggu, 08 Apr 2018 - 16:42:22 WIB
Bagikan Berita ini :

Sambut HUT BUMN, Menteri Rini Gelar Bedah Rumah dan Bersih-bersih Kali Ciliwung

6Menreti Rini.jpg
Menteri Rini bersama bos-bos BUMN melakukan bersih-bersih kali Ciliwung, Jakarta Timur (8/4/2018). (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno menggelar operasi bersih-bersih di sepanjang Kali Ciliwung dari Rindam Jaya, Condet, hingga Kalibata, Jakarta Timur, Minggu (8/4/2018).

Kegiatan tersebut merupakan rangkaian peringatan HUT ke-60 Kementerian BUMN dan sejumlah perusahaan BUMN yang berulang tahun pada bulan Maret-April.

Kegiatan Operasi Bersih Sungai Ciliwung ini diikuti oleh lebih dari 250 peserta antara lain terdiri atas seluruh Direktur Utama BUMN dan anak perusahaan eks BUMN, para pejabat Kementerian BUMN, serta para aktivis penggiat lingkungan.

Direktur Utama Askrindo Asmawi Syam, salah satu BUMN yang ikut merayakan hari jadinya mengatakan, untuk merayakan HUT Kementerian BUMN dan HUT Askrindo yang ke-47 pihaknya memberikan bantuan berupa lima perahu karet kepada Yayasan Lintas Sungai Abadi senilai Rp120 juta sebagai bentuk tanggung jawab sosial kepada masyarakat di sekitaran bantaran sungai Ciliwung.

"Bantuan perahu karet ini merupakan bagian dari programcorporate social responsibility (CSR)dari Askrindo yang diharapankan dapat bermanfaat membantu kinerja Yayasan Lintas Sungai Abadi dalam kegiatan yang berkaitan dengan bina lingkungan," ujar Asmawi.

Selain itu, dalam rangka mengedukasi serta memberikan pelayanan asuransipersonal accidentkepada 350 anggota peduli sungai (Yayasan Lintas Sungai Abadi) dengan nilai pertanggungan senilai Rp8,7 miliar.

Hal ini merupakan wujud konkrit kepedulian BUMN terhadap lingkungan, khususnya untuk masyarakat di bantaran sungai.

"Bantuan ini merupakan wujud kepedulian Askrindo pada masyarakat dan penggiat lingkungan pada khususnya, serta bentuk respon penanggulangan bencana," kata Asmawi dalam sambutannya.

Selain itu, dalam kesempatan ini Menteri Rini juga menyerahkan secara simbolis bantuan bedah rumah pada karyawan Kementerian BUMN yang membutuhkan. Sebagai implementasi One Nation, One Vision, One Family to Excellence yang merupakan tema rangkaian kegiatan HUT BUMN Bersama dan HUT Ke-20 Kementerian BUMN.

"Alhamdulillah hari ini melalui PIHC kita dapat membantu anggota keluarga kita melalui bedah rumah karyawan. Tadi pagi, saya berdialog dan simbolis penyerahan bantuan bedah rumah kepada ibu Tuti Atiqah, karyawan yang bekerja sebagai cleaning service selama 12 tahun di Jalan Medan Merdeka Selatan dari sejak Gedung Garuda sampai menjadi Gedung Kementerian BUMN seperti sekarang," ujar Menteri Rini.

Selanjutnya, Sekretaris Kementerian BUMN Imam A. Putro mengajak para pimpinan BUMN untuk turut berempati terhadap kondisi karyawan BUMN yang berprestasi dan membutuhkan bantuan.

"Semoga bantuan bedah rumah ini bisa menginspirasi para pimpinan BUMN maupun masyarakat luas sehingga dapat menjadi gerakan yang positif untuk membangun solidaritas bersama," harapnya.

Imam menuturkan, pada momen HUT BUMN dan Kementerian BUMN ini, sepatutnya juga dijadikan momentum merefleksikan diri, sebagai satu keluarga untuk mewujudkan seluruh BUMN bisa sehat dan sejahtera bersama guna meningkatkan pelayanan prima pada masyarakat sebagai wujud BUMN hadir untuk negeri.

Selain itu, Imam juga mengingatkan para Direktur BUMN sebagai satu keluarga untuk terus meningkatkan sinergi antar BUMN. Ia menyampaikan, sinergi dan kolaborasi antar entitas usaha, khususnya antar BUMN tidak bisa dihindari guna mendorong pertumbuhan BUMN yang signifikan.

"Bersyukur, kita memiliki 149 BUMN dan anak perusahaan eks BUMN yang bergerak hampir di seluruh bidang industri. Mestinya direksi-direksi BUMN tidak akan pernah kehabisan ide untuk mencari bentuk dan partner dalam menciptakan kooperasi, kolaborasi, dan sinergi usaha antar BUMN," ucapnya.

Karenanya, Imam menegaskan, BUMN kedepan harus bersinergi bersama sebagai wujud One Vision, One Family untuk value creation. Melalui sinergi dan kolaborasi, BUMN menghasilkan nilai tambah yang lebih besar dan berdampak luas bagi masyarakat.

Tak lupa, Imam menambahkan, pentingnya penerapan tata kelola perusahaan yang baik di BUMN.

"Sebagai BUMN, pengembangan usaha dan pelaksanaan aktivitas usaha yang good corporate governance adalah suatu keharusan. Fundamental yang kokoh dalam pengelolaan perusahaan harus diimplementasikan dengan didasarkan prinsip-prinsip prudent dan professional supaya BUMN dapat diwariskan ke anak, cucu, cicit kita di generasi mendatang," tutupnya. (Alf)

tag: #bumn  #rini-soemarno  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 28 Mar 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital. Melalui kerja sama dengan PT Jalin Pembayaran ...
Berita

DPR Sahkan RUU Daerah Khusus Jakarta Jadi UU

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --DPR RI resmi mengesahkan Rancangan Undang-Undang Daerah Khusus Jakarta (RUU DKJ) menjadi Undang-Undang (UU). Pengesahan dilakukan pada Rapat Paripurna DPR RI ke-14, di ...