Berita
Oleh mandra pradipta pada hari Selasa, 10 Apr 2018 - 10:20:01 WIB
Bagikan Berita ini :

Komisi VII DPR: Secara Kasat Mata Teluk Balikpapan Sudah Bersih

99hermansidak.jpg
Wakil Ketua Komisi VII DPR RI Herman Khaeron (Sumber foto : ist)


BALIKPAPAN (TEROPONGSENAYAN)--Wakil Ketua Komisi VII DPR RI Herman Khaeron melakukan kunjungan kerja ke Balikpapan, Kalimantan Timur, Selasa (10/4/2018).

Kunjungan itu sendiri dalam rangka sidak lapangan atas bocoran minyak akibat patahnya pipa lawe-lawe ke Balikpapan milik Pertamina.

"Secara umum teluk balikpapan secara kasat mata sudah bersih, namun ada beberapa desa, terutama yang rumah terapung dan hutan bakau harus dibersihkan," kata Herman kepada TeropongSenayan, di Balikpapan, Kalimantan Timur.

Politisi Demokrat ini menyatakan, kerugian masyarakat baik materil maupun non materil harus diselesaikan segera. Sebab, karena dampak kejadian ini, ada lima orang nelayan yang meninggal dunia.

Selain itu, ada juga kerugian kapal dan jaring nelayan, bubu dan keramba rusak yang berdampak pada pendapatan nelayan yang tidak bisa melaut selama proses pembersihan berlangsung.

"Belum lagi dampak terhadap biota laut dan hutan mangrove, semua itu harus dilakukan Valuasi terhadap Environmental damage," terangnya.

Selanjutnya, Herman meminta Pertamina juga harus memperbaiki sistem Emergency Respon Plan (ERP) agar kejadian serupa dapat diantisipasi secepatnya.

Dari kejadian patahnya pipa Pertamina jalur lawe-lawe Balikpapan ini, ujar Herman, jika diantisipasi sejak dini dan Pertamina melakukan penanganan dan seruan agar seluruh masyarakat tidak mendekati area terdampak, mungkin korban jiwa akan terhindarkan.

"Kami juga meminta Polda Kaltim segera melakukan investigasi sebab musabab terjadinya accident ini agar jelas siapa yang betanggungjawab. Demikian pula kementrian LHK melakukan investigasi kerusakan lingkungan dan penanganya agar dapat dipulihkan termasuk kerugian sosialnya," tutupnya.(plt)

tag: #komisi-vii  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

TKN Akan Gelar Nobar Sidang Putusan Sengketa Pilpres

Oleh Sahlan Ake
pada hari Jumat, 19 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran bakal menggelar acara nonton bareng sidang putusan sengketa hasil Pilpres 2024. Acara itu akan digelar secara sederhana bersama ...
Berita

Kemenhub Catat Arus Mudik-Balik Lebaran 2024 Capai 242 Juta Orang

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melaporkan pergerakan secara nasional angkutan arus mudik-balik Lebaran 2024 mencapai 242 juta orang. Kemenhub menilai pelaksanaan ...