Berita
Oleh Sahlan pada hari Sabtu, 14 Apr 2018 - 22:25:46 WIB
Bagikan Berita ini :

Djoni Rolindrawan: Pengelolaan Taman Bunaken Belum Optimal

20Djoli-Bunaken.jpg.jpg
Ketua Fraksi Partai Hanura MPR RI Djoni Rolindrawan di sela-sela press gathering pimpinan MPR dengan wartawan parlemen di Bunaken, Sulawesi Utara, Sabtu (14/4/2018) (Sumber foto : Humas MPR RI)

MANADO (TEROPONGSENAYAN)--Taman nasional Bunaken menjadi kebanggaan sebagai daerah destinasi wisata di Sulawesi Utara. Tapi pengelolaan destinasi wisata yang seharusnya ditangani secara nasional ini belum optimal.

"Banyak keluhan terkait pengelolaan taman nasional Bunaken ini seperti banyak sampah di laut yang dikeluhkan wisatawan. Ini bisa menjadi pendorong untuk melakukan pengelolaan lebih baik lagi," kata Ketua Fraksi Partai Hanura MPR RI Djoni Rolindrawandi sela-sela press gathering pimpinan MPR dengan wartawan Parlemen di Bunaken, Sulawesi Utara, Sabtu (14/4/2018).

Pada hari itu Djoni Rolindrawan bersama wartawan parlemen mengunjungi Bunaken dan Pulau Siladen.

Djoni menyebutkan, taman nasional Bunaken ini dikelola secara nasional (pemerintah pusat) karena karena banyak pemda kabupaten yang terlibat. "Mungkin anggaran yang belum memadai untuk mengelola taman nasional ini. Kalau anggaran dari tahun ke tahun tidak berubah maka tidak ada yang bisa diharapkan," katanya.

Selain anggaran, Djoni juga menyebut faktor budaya atau kultur kita seperti perilaku membuang sampah sembarangan. "Tadi melihat bawah laut melalui kaca di kapal terlihat banyak sampah. Taman nasional Bunaken ini seharusnya mendapat perhatian juga," pintanya.

Menurut Djoni, potensi wisata Bunaken ini kalau tidak dikelola dengan baik bisa sia-sia juga. Masalah pengelolaan adalah persoalan anggaran. Karena itu anggaran untuk sektor pariwisata ini perlu dinaikkan.

"Apa yang dilakukan MPR? Ini terkait dengan rencana MPR untuk merumuskan kembali GBHN. Dalam GBHN itulah bidang ekonomi khususnya pariwisata diperhatikan," katanya.(yn)

tag: #mpr  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

MK Jamin Tak Ada Deadlock saat Pengambilan Keputusan Sengketa Pilpres

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 18 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Mahkamah Konstitusi (MK) menjamin tidak akan ada deadlock dalam pengambilan putusan sengketa Pilpres 2024. Saat ini, Hakim Konstitusi masih melaksanakan rapat ...
Berita

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Penyumbang Dividen Terbesar

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik ...