Ray: Pernyataan Amien Serampangan, Bernada Putus Asa
Oleh Syamsul Bachtiar pada hari Senin, 16 Apr 2018 - 13:37:01 WIB

Bagikan Berita ini :

11RayRangkuti-tscom.JPG.JPG
Sumber foto : Dok/TeropongSenayan
Ray Rangkuti

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Pernyataan Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais soal Partai Allah dan Partai Setan mendapat tanggapan berbagai pihak, salah satunya Pengamat Politik dari Lingkar Madani (Lima) Ray Rangkuti.

Menurutnya, pernyataan Amien merupakan pernyataan yang lahir dari suasana hati bernada putus asa. Menurutnya, penyebutan dua kategori partai tersebut, sekalipun sudah dibantah tidak berhubungan langsung dengan partai politik, tapi jelas sulit dipisahkan dari makna partai politik. 

"Penyebutan PKS, Gerindra dan PAN sebagai partai Allah, dengan sendirinya menepis partai politik lain sebagai bukan partai Allah. Tak perlu berbelit untuk memahami kerangka berpikir demikian. Kecuali, pernyataan itu dibuat umum, tanpa menyebut contoh partai yang masuk kategori partai Allah," ujar Ray kepada wartawan di Jakarta, Senin (16/4/2018).

"Amien Rais, sama sekali tidak menyebut kriteria yang ia maksudkan sebagai partai Allah atau partai setan. Hanya secara serampangan bernada putus asa, AR lalu memasukan tiga partai ke dalam partai Allah, dan tidak menyebut contoh seperti apa partai setan," tambahnya.

Dalam hal ini, Ray menilai, pernytaan Amien sama sekali tidak akan membantu meningkatkan kualitas dan kedewasaan berdemokrasi.

"Alih-alih meningkatkan, yang ada adalah kegaduhan, perbincangan tanpa faedah dan lebih meningkatkan ketidaksukaan publik pada partai politik sekaligus meningkatkan suhu negatif suasana politik menjelang pemilu/pilpres serentak 2019 yang akan datang," pungkasnya.(yn)

tag: #amien-rais  

Bagikan Berita ini :

Tanggapan Anda atas berita ini?
TSPOLING

Pembaca TeropongSenayan Yth

Dua pasangan calon (paslon) Pilpres 2019 telah mendaftar ke Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI di Jakarta, Jumat (10/8/2018). Kedua paslon itu adalah Joko Widodo (Jokowi)-Maruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Jokowi-Maruf didukung oleh sembilan partai. Yakni PDIP, Partai Golkar, Nasdem, Hanura, PPP, PKB, PSI,Perindo, dan PKPI. Sedangkan Prabowo-Sandiaga didukung oleh empat partai. Yakni Partai Gerindra, PAN, PKS, dan Demokrat.

Dua cawapres, yakni Maruf Amin dan Sandiaga Uno disebut-sebut turut menentukan kemenangan sang capres pada 2019 nanti. Tentu, baik Maruf maupun Sandiaga memiliki kelebihan masing-masing, yang akan diekplorasi habis-habisan guna menarik simpati pemilih.

Nah, jika pilpres dilaksanakan hari ini, siapa yang akan Anda pilih:

  • 1.Joko Widodo-Maruf Amin
  • 2.Prabowo Subianto-Sandiaga Uno
LIHAT HASIL POLING