Menhan Sampaikan Pentingnya Perkuat Persaudaraan Negara Asean
Oleh Syamsul Bachtiar pada hari Senin, 16 Apr 2018 - 16:35:16 WIB

Bagikan Berita ini :

72IMG-20180416-WA0016.jpg.jpg
Sumber foto : Bachtiar
Menhan RI Ryamizard Ryacudu (kiri) hadir dalam kegiatan Putra Jaya Forum tahun 2018 di Kuala Lumpur, Malaysia, Senin (16/4/2018).

KUALA LUMPUR (TEROPONGSENAYAN) --Menteri Pertahanan Republik Indonesia (Menhan RI) Ryamizard Ryacudu hadir dalam kegiatan Putra Jaya Forum tahun 2018 di Kuala Lumpur, Malaysia, Senin, (16/4/2018).

Dalam kesempatan ini, Menhan Ryamizard menyampaikan pandanganya soal 'Kalibrasi Ulang Arsitektur Keamanan Kawasan (Recalibrating Regional Security Architecture)'.

Dia mengingatkan, pentingnya membesarkan persamaan yang ada diantara Negara - negara di Asean.

Menurut dia, sebagai bangsa yang berada di wilayah Asean, penting untuk bersama-sama mengecilkan perbedaan yang selama ini dapat melemahkan hubungan persaudaraan.

"Sehingga hal ini akan lebih memperkuat persaudaaraan kerjasama yang ada diantara kita, sejalan dengan the spirit of asean dan spirit of asean plus," tutur Menha Ryamizard saat menyampaikan sambutannya.

Tidak hanya itu, lanjut dia, bangsa yang berada di kawasan ASEAN sebaiknya juga harus memiliki prinsip dasar dan tujuan hidup yang sama sebagai manusia, yaitu keinginan untuk mewujudkan kawasan damai, aman dan sejahtera.   

"Dalam merumuskan Kalibrasi ulang Arsitektur Keamanan Kawasan kita perlu selalu mengacu pada kondisi aktual potensi ancaman kawasan masa kini dan masa yang akan datang," ujarnya.

Menhan Ryamizqrd pun menyebut, kondisi  lingkungan strategis kawasan saat ini sangat dipengaruhi oleh ketidakpastian yang terkait dengan isu-isu ekonomi, politik, dan keamanan.

"Kedepan ancaman tidak lagi bersifat konvensional atau perang terbuka antar Negara, tetapi lebih bersifat ancaman realistik benturan kepentingan yang mengatasnamakan ideologi tertentu," pesan dia. (Alf)

tag: #kementerian-pertahanan  

Bagikan Berita ini :

Tanggapan Anda atas berita ini?
TSPOLING
Pembaca Teropong Senayan, Yth Perhelatan Pilkada Serentak 2018 sudah usai. Hasil hitung cepat (quick count) lembaga survei telah terpublikasi secara masif. Dari publikasi ini, para pemilih pun mengerti menang atau kalahkah kandidat yang mereka pilih. Pada saat bersamaan, para kandidat capres/cawapres dan partai pendukung ditengarai juga mulai mengatur strategi menyikapi hasil pilkada. Tentu, strategi ini hendak menempatkan hasil pilkada sebagai acuan meraih kemenangan pada Pilpres 2019. Menurut Anda, siapa capres yang diuntungkan oleh hasil Pilkada 2018 :
  • Joko Widodo
  • Prabowo Subianto
  • Calon Alternatif Poros Ketiga
LIHAT HASIL POLING