Berita
Oleh Syamsul Bachtiar pada hari Senin, 16 Apr 2018 - 16:35:16 WIB
Bagikan Berita ini :

Menhan Sampaikan Pentingnya Perkuat Persaudaraan Negara Asean

72IMG-20180416-WA0016.jpg.jpg
Menhan RI Ryamizard Ryacudu (kiri) hadir dalam kegiatan Putra Jaya Forum tahun 2018 di Kuala Lumpur, Malaysia, Senin (16/4/2018). (Sumber foto : Bachtiar)

KUALA LUMPUR (TEROPONGSENAYAN) --Menteri Pertahanan Republik Indonesia (Menhan RI) Ryamizard Ryacudu hadir dalam kegiatan Putra Jaya Forum tahun 2018 di Kuala Lumpur, Malaysia, Senin, (16/4/2018).

Dalam kesempatan ini, Menhan Ryamizard menyampaikan pandanganya soal 'Kalibrasi Ulang Arsitektur Keamanan Kawasan (Recalibrating Regional Security Architecture)'.

Dia mengingatkan, pentingnya membesarkan persamaan yang ada diantara Negara - negara di Asean.

Menurut dia, sebagai bangsa yang berada di wilayah Asean, penting untuk bersama-sama mengecilkan perbedaan yang selama ini dapat melemahkan hubungan persaudaraan.

"Sehingga hal ini akan lebih memperkuat persaudaaraan kerjasama yang ada diantara kita, sejalan dengan the spirit of asean dan spirit of asean plus," tutur Menha Ryamizard saat menyampaikan sambutannya.

Tidak hanya itu, lanjut dia, bangsa yang berada di kawasan ASEAN sebaiknya juga harus memiliki prinsip dasar dan tujuan hidup yang sama sebagai manusia, yaitu keinginan untuk mewujudkan kawasan damai, aman dan sejahtera.

"Dalam merumuskan Kalibrasi ulang Arsitektur Keamanan Kawasan kita perlu selalu mengacu pada kondisi aktual potensi ancaman kawasan masa kini dan masa yang akan datang," ujarnya.

Menhan Ryamizqrd pun menyebut, kondisi lingkungan strategis kawasan saat ini sangat dipengaruhi oleh ketidakpastian yang terkait dengan isu-isu ekonomi, politik, dan keamanan.

"Kedepan ancaman tidak lagi bersifat konvensional atau perang terbuka antar Negara, tetapi lebih bersifat ancaman realistik benturan kepentingan yang mengatasnamakan ideologi tertentu," pesan dia. (Alf)

tag: #kementerian-pertahanan  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Fraksi PKS Sangat Kecewa AS Veto Keanggotaan Penuh Palestina di PBB

Oleh Sahlan Ake
pada hari Sabtu, 20 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua Fraksi PKS Jazuli Juwaini sangat kecewa dan menyesalkan sikap Amerika Serikat (AS) yang memveto draf resolusi untuk mengakui secara penuh keanggotaan Palestina di ...
Berita

TKN Akan Gelar Nobar Sidang Putusan Sengketa Pilpres

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran bakal menggelar acara nonton bareng sidang putusan sengketa hasil Pilpres 2024. Acara itu akan digelar secara sederhana bersama ...