Jakarta
Oleh Alfian Risfil pada hari Selasa, 17 Apr 2018 - 14:32:26 WIB
Bagikan Berita ini :

Genap 6 Bulan Memimpin, 'Kabinet Anies-Sandi' Segera Rampung

76okoc.jpg.jpg
Gubernur Anies dan Wagub Sandi. (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Wakil Gubernur Sandiaga Uno sudah genap 6 bulan berkantor di Balai Kota DKI.

Kini mereka memiliki kewenangan penuh untuk membentuk formasi 'Kabinetnya sendiri' di jajaran Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) demi mendukung percepatan visi dan misi selama lima tahun kedepan.

Wacana perombakan pejabat pun, belakangan makin santer terdengar di lingkungan Pemprov DKI dan DPRD.

Wakil Gubernur DKI, Sandiaga Uno membenarkan bahwa evaluasi pejabat DKI sudah dimulai.

"Ini baru mulai, jadi kami sabar saja menunggu dan tidak ada tenggat waktu untuk ini (merombak)," kata Sandi di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Selasa (17/4/2018).

Sandi juga meminta semua pihak bersabar mengenai formasi baru di kabinetnya. Dia tidak mau muncul banyak spekulasi mengenai perombakan PNS.

Sandi memastikan bahwa prosesnya tidak akan terburu-buru. Menurutnya, reviewkinerja dilakukan berdasarkan profesionalisme dan kinerja mereka.

"Kami berharap teman-teman media juga mendukung agar tercipta situasi yang lebih tidak penuh dengan kekhawatiran di kalangan birokrasi Pemprov DKI," ujar Sandi.

Meski demikian, Sandi sebelumnya juga pernah mengungkapkan kriteria yang akan digunakan untuk merombak pejabat.

Dia bilang, ingin menyesuaikan para pejabat di posisi yang sesuai dengan latar belakang pendidikan mereka.

"Kami akan sesuaikan, tentunya sesuai dengan keahliannya, sesuai dengan rumpunnya, sesuai dengan memangbackgroundsecara teknisnya seperti apa," ujar Sandi.

Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Mohamad Taufik sebelumnya juga mengaku akan mengusulkan hal yang sama.

Menurut Taufik, untuk posisi SKPD yang berkaitan dengan hal teknis dan pembangunan. Dia menilai harus diisi orang dengan latar belakang yang sesuai.

"Kayak Dinas Perumahan kemarin saya tanya saja megap-megapsoal DP Rp 0 di RPJMD, karena apa?Basic-nya bukan di situ," ujar Ketua DPD Gerindra DKI itu.

Selain itu, Taufik juga meminta pejabat yang memiliki latar belakang seorang pamong tidak mengurusi dinas teknis.

Saat ini, memang ada beberapa pejabat yang menempati posisi tak sesuai dengan latar belakang mereka.

Berdasarkan catatan redaksi, antara lain,Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Andri Yansyah, Kepala Dinas Sumber Daya Air Teguh Hendarwan, dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Isnawa Aji juga bukan pejabat yang memiliki latar belakang yang sesuai dengan bidang teknis itu.

Mereka bertiga sebelumnya adalah seorang camat yang kemudian diangkat Gubernur DKI sebelumnya, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) menjadi kepala dinas di bidang-bidang teknis.

Memang banyak pejabat yang latar belakangnya tidak sesuai. Meski sudah menyebut akan menyesuaikan latar belakang mereka, Sandi mengatakan kinerja mereka selama ini juga akan dipertimbangkan. Mereka akan dipertahankan jika ternyata selama ini berkinerja baik.

"Kalau mereka bisa berkinerja baik, kan ada yang memang beradaptasi dengan baik, walaupun bukan sesuai dengan backgroundpendidikannya ataubackgroundkeahliannya, itu layak dipertahankan," ujar Sandi. (Alf)

tag: #aniessandi  #pemprov-dki  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Jakarta Lainnya
Jakarta

Mahasiswa Kecewa dengan Sikap KPK: Ancam Akan Lapor ke Jokowi

Oleh Sahlan Ake
pada hari Rabu, 10 Agu 2022
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Menggugat kembali melakukan aksi di depan Kantor Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas). Massa aksi ...
Jakarta

Muncul Nama Heru Budi Hartono Pengganti Anies Baswedan, Siapa Dia?

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Masa jabatan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan habis masa jabatan pada 16 Oktober 2022. Mengingat Pilkada baru digelar 2024, posisi Anies akan diisi oleh penjabat ...