Berita
Oleh sahlan ake pada hari Kamis, 19 Apr 2018 - 23:23:31 WIB
Bagikan Berita ini :

Salah Pilih Cawapres, Koalisi Pendukung Jokowi Bisa Berantakan

35jokowi8.jpg.jpg
Presiden Joko Widodo (Sumber foto : ist)


JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Pakar komunikasi politik Effendy Ghazali menyatakan, capres petahana Joko Widodo (Jokowi) harus hati-hati dalam memilih cawapres.

Jika salah memilih, bukan tidak mungkin koalisi partai yang mendukungnya akan berantakan.

"Semua masih mungkin sampai Agustus (pendaftaran capres-cawapres ke KPU)," kata Effendi di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (19/4/2018).

Menurut Ghazali, Jokowi perlu memikirkan secara matang sosok pendampingnya. Hal itu penting dilakukan agar saat memilih sosok tersebut, Jokowi tidak menuai tentangan dari partai koalisi.

"Misalnya Jokowi-Gatot atau Jokowi-Mahfud. Itu yang lebih mungkin. Dibanding misalnya nama lain. Pilihan ada tapi tidak gampang," katanya.

Sementara itu, ada hal menarik yang bisa dilakukan partai lain ketika Jokowi kesulitan menemukan cawapresnya. Beberapa partai yang berencana membentuk poros ketiga, bisa membuat konvensi untuk menentukan pasangan capres-cawapres.

"Bikin konvensi. Siapa yang paling tinggi menjadi capres-cawapres. Jadi kumpul nih. Partai Demokrat dengan siapa dan siapa. Adil. Bikin konvensi. Siapa yang disurveikan jadi capres dan cawapres. Nah itu baru bisa adil," lanjut dia.

Konvensi, kata dia, merupakan cara adil untuk mencari sosok capres-cawapres daripada atas dasar sungkan terhadap partai pengusung.

"Kalau ini (memilih cawapres) 'harus dari partai saya, harus dari partai saya', ya percuma saja," tandasnya.(plt)

tag: #jokowi  #pilpres-2019  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Soroti Kasus Pinjaman Shopee Paylater, Anggota Komisi XI DPR Dorong OJK Tindaklanjuti dan Perketat Perlindungan Konsumen

Oleh Fath
pada hari Rabu, 24 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)– Menanggapi maraknya aduan masyarakat mengenai kasus penagihan yang tidak sesuai aturan, pengaktifan sepihak dan penyalahgunaan akun SPaylater oleh orang lain, Puteri ...
Berita

Sah, KPU Tetapkan Prabowo-Gibran Presiden-Wapres Terpilih 2024

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --KPU RI akhirnya resmi menetapkan, Capres-Cawapres 02 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebagai presiden-wakil presiden terpilih Pilpres 2024. Penetapan tersebut ...