Berita

Sambangi Temanggung, Komisi IV Pastikan Program Swasembada Bawang Putih Jalan

Oleh Syamsul Bachtiar pada hari Jumat, 20 Apr 2018 - 03:28:14 WIB | 0 Komentar

Bagikan Berita ini :

51Panen-bawang-putih.jpeg.jpeg

Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman memanen bawang putih (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Rombongan Panitia Kerja (Panja) Bawang Putih Komisi IV DPR-RI mengunjungi dan melihat langsung program perluasan areal bawang putih di Temanggung, Jawa Tengah, Kamis (19/4/2018).

Mereka antara lain, Rahmad Handoyo, Sulaiman L Hamzah, Endro Hermono, Agung Widyantoro, Siti Hediati Soeharto dan Oo Sutisna.

Kunjungan ini dilakukan untuk memastikan progres Program Pencapaian Swasembada Bawang Putih 2021 yang digaungkan Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman.

Hal ini juga sejalan dengan roadmap untuk menjadikan Indonesia Lumbung Pangan Dunia pada 2045.

Anggota Komisi IV DPR-RI Rahmad Handoyo menyatakan, pihaknya mendukung penuh upaya swasembada bawang putih yang dilakukan pemerintah. Dia juga mengapresiasi langkah konkrit Menteri Amran.

“Kami berkepentingan untuk memastikan pertanaman bawang putih ini berjalan baik,” kata Rahmad di Temanggung, Kamis (19/4/2018).

"Untuk menunjukkan komitmen dari impotir, agar wajib tanam importir semula 5 persen agar dinaikan mininal menjadi 20 persen sehinnga mempercepat swasembada,” sambung dia.

Hal yang sama diungkapkan juga oleh anggota Komisi IV DPR-RI lainnya, Sulaiman L Hamzah. Dia mendukung penuh swasembada.

Tetapi, dia memintaagar aturan wajib impor dinaikan minimal 20 persen.

"Kita dukung juga upaya berantas kartel bawang putih. Makanya kita ini sudah bentuk Panja yang khusus menangani bawang putih,” jelas Sulaiman.

Selanjutnya, Siti Hediati Soeharto meminta Litbang Pertanian segara mencari lokasi tanam yang sesuai untuk mengembangkan teknologi demi memperoleh jenis bawang putih unggul. (Alf)

tag: #komisi-iv-dpr  #kementerian-pertanian  

Bagikan Berita ini :