Berita
Oleh Ferdiansyah pada hari Senin, 23 Apr 2018 - 12:42:08 WIB
Bagikan Berita ini :

Kadin Babel Harap Gelaran Sungailiat Triathlon 2018 Bikin Ekonomi Bergeliat

93Sungailiat-Triathlon.jpg.jpg
Peserta Sungailiat Triathlon 2018 yang digelar di Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) (Sumber foto : Istimewa)

BANGKA (TEROPONGSENAYAN)--Gelaran tahunan 'Sungailiat Triathlon 2018' kembali digelarKabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel). Kegiatan yang diikuti sekitar 520 peserta dari dalam dan luar negeri itu sudah digelar selama enam tahun terakhir.Respons peserta pun mengalami peningkatan.

Peningkatan minat masyarakat dan peserta itu mendapat sambutan positif dari berbagai pihak, termasuk Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Kepulauan Bangka Belitung.

Ketua Kadin Kepulauan Bangka Belitung Thomas Jusman berharap, acara Sungailiat Triathlon memberi dampak nyata terhadap kehidupan masyarakat sekitar. Setidaknya kegiatan tersebut bisa memicu ekonomi masyarakat sekitar.

"Dari kegiatan ini, kita berharap, Kabupaten Bangka secara khusus bisa menjadi kota wisata dunia karena pantai berpasir putih dengan formasi batu-batunya yang eksotik serta dengan background bukit yang luar biasa indah," tutur Thomas dalam siaran persnya, Senin (23/4/2018).

bergeliat. Diungkapkan Thomas, Sungailiat Triathlon juga sering disebut 'Lebaran'pegiat dan penggemar olah raga triathlon. Selain diminati peserta karena berolahraga dipadu dengan wisata alam,wisata kuliner, juga menyajikan kearifan budaya lokal yang disebut sebagai nganggung.

Nganggung, demikian Thomas, merupakan tradisi unik makan bersama khas budaya di Kabupaten Bangka. Acara seperti itu umumnya dilakukan di masjid-masjid dimana masyarakat membawa dulang berisi makan yang ditutup dengan tudung saji. Nganggung menjadi salah satu ciri khas Sungailiat Triathlon.

Soal keindahan alam Kabupaten Bangka bukan sekadar omongan. Selain perbukitan dan pantainya yang tersohor itu, kota ini juga dikenal dengan wisata religinya. Dan Sungailiat menjadi salah satu kota yang terkenal dengan keindahan pantainya. Di kota itu pula, akan diadakan Sungailiat Triathlon itu terutama di Pantai Tanjung Pesona.

Pada perhelatan HUT Real Estate Indonesia (REI) di Kepulauan Bangka Belitung pekan lalu, Menteri Pariwisata Arief Yahya menyempatkan diri mengunjungi kawasan Pantai Tanjung Pesona. Di tempat itu, Arief Yahya diterima langsung Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman, Plt. Bupati Kabupaten Bangka Rustamsyah dan Thomas sebagai direktur PT Pantai Timur Sungailiat pengusul KEK Sungailiat Bangka.

Dalam kesempatan itu, Arief memastikan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Pantai Timur Sungailiat akan terealisasi pada 2018. Soal KEK ini, Thomas mengatakan, pihaknya bersama dengan konsorsium memang mengusulkan Pantai Timur Sungailiat sebagai KEK. Lewat itu, ia bersama pengusaha pariwisata akan mempromosikan Bangka sebagai daerah tujuan wisata nasional dan dunia.

Thomas mengaku optimistis kegiatan tersebut akan sukses. Selain pesertanya dari dalam negeri, juga akan diikuti peserta dari luar negeri yang terdiri atas 18 negara seperti Australia, Denmark, India, Jepang, Malaysia, Rusia, dan Spanyol. Slogan Kadin Kepulauan Bangka Belitung "Bergema" menjadi dasar keterlibatan lembaga tersebut untuk mendukung penuh kesuksesan Sungailiat Triathlon.

"Bergema itu kan ‘bersama bersatu bergerak maju’. Jadi, di masa mendatang, ada koordinasi dari berbagai pihak mulai pemerintah provinsi, kabupaten dan pusat. Dengan demikian, di masa mendatang ini menjadi agenda nasional dengan ribuan peserta," kata Thomas.

Dihubungi secara terpisah, pimpinan pelaksana acara, Agung Priyo Sudarmo mengatakan, kegiatan Sungailiat Triathlon kali ini merupakan bentuk kerja sama antara swasta dan pemerintah Kabupaten Bangka. Selama lima tahun berturut-turut, acara tersebut digelar oleh pemerintah Kabupaten Bangka.

"Kerja sama kami dengan pemerintah Kabupaten Bangka bukan bukan kali ini saja terjadi. Sudah sering. Itu sebabnya, sebagai warga Sungailiat, kami merasa terpanggil untuk menyukseskan kegiatan ini," kata Agung.

Agung bercerita, besarnya minat masyarakat dan peserta mengikuti Sungailiat Triathlon lantaran kegiatan ini merupakan salah satu terbesar di Indonesia. Di samping Sungailiat, yang sering diikuti dengan peserta yang membludak adalah Bali. Sungailiat Triathlon juga disebut mendapat penghargaan dengan the best venue di Asia untuk kategori sepeda pada 2017. Sebelum Sungailiat Triathlon, kegiatan ini juga digelar di tiga daerah sejak awal tahun 2018 yaitu Serpong, Surabaya dan Sibolga

Sementara itu, pengelola Pantai Tanjung Pesona, Yohanes menuturkan, dari enam kali perhelatan Sungailiat Triathlon, tiga kali secara berturut-turut digelar di Pantai Tanjung Pesona. Ini menjadi kado spesial dalam memeringati hari jadi Sungailiat ke-552. Dari semua itu, ia berharap realisasi KEK Pantai Timur Sungailiat bisa segera ditetapkan.

"Dampak langsung kegiatan ini agar membuat ekonomi bergeliat. Kami berharap masyarakat mendukung dan menyambut positif kegiatan ini. Kami juga akan memperkenalkan salah satu cenderamata produk budaya lokal: lada putih Muntok. Jadi UMKM soal lada putih ini bisa berkembang," kata Yohanes.

Sport tourism yang akan digelar pada 21 April nanti akan menampilkan tiga kategori lomba, yaitu jarak jauh, standar dan sprint. Kategori jarak jauh mengharuskan peserta berenang 1,9 kilometer, bersepeda 90 kilometer dan lari 21 kilometer. Sedangkan kategori standar meliputi renang 1,5 kilometer, bersepeda 40 kilometer dan lari 10 kilometer. Kemudian sprint meliputi renang 750 meter, bersepeda 27 kilometer dan lari lima kilometer.

Acara itu akan semakin seru lantaran panitia menyiapkan kegiatan lain seperti kejuaraan Barongsai, mountain bike dan lain-lain yang bertujuan mempromosikan pariwisata.(yn)

tag: #kementerian-pariwisata  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Ini Alasan Pembubaran PT NDK Menutup Kepentingan Pihak Lain

Oleh Sahlan Ake
pada hari Sabtu, 20 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --PT Nusantara Dua Kawan atau yang disingkat NDK resmi bubar. Pembubaran perusahaan ini sebelumnya sempat ramai di demo oleh sekelompok orang dengan tuduhan dugaan NDK ...
Berita

Cak Imin Ungkap Nasib Anies di Pilkada 2024

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin menegaskan Anies Baswedan tidak berminat maju dalam Pilkada 2024. Cak Imin mengatakan pasangannya di Pilpres 2024 itu masih fokus ...