Berita
Oleh Bara Ilyasa pada hari Rabu, 25 Apr 2018 - 00:45:49 WIB
Bagikan Berita ini :
Soal Kurs Rupiah

DPR: Pemerintah Tak Bisa Salahkan Kondisi Global

47Wakil-Ketua-DPR-Taufik-Kuniawan-fraksipancom.jpg.jpg
Wakil Ketua DPR RI, Taufik Kurniawan. (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Penguatan mata uang dolar Amerika Serikat (AS) membuat nilai tukar rupiah terus terperosok.

Bahkan hingga hari ini, Selasa (24/4/2018), Rupiah menguat ke level Rp 13.921 per dolar AS dari posisi penutupan perdagangan kemarin yang kian mendekati level Rp 14.000, tepatnya di level Rp 13.975 per dolar AS.

Wakil Ketua DPR RI Taufik Kurniawan mengingatkan, pemerintah dan Bank Indonesia (BI) segera mengantisipasi pelemahan nilai tukar rupiah tersebut.

Menurutnya, fundamental ekonomi harus diperkuat. BI harus melakukan intervensi terhadap kindisi ini, sehingga rupiah dapat segera kembali menguat.

“Kita tentu tidak ingin kurs rupiah tembus Rp14 ribu, atau bahkan Rp15 ribu. Pemerintah dan BI tak bisa terus menyalahkan kondisi global. BI harus melakukan intervensi dan stabilisasi nilai tukar Rupiah,” tegas Taufik di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (24/4/2018).

Taufik khawatir, pelemahan ini akan berdampak besar pada Indonesia. Karena selain memberikan pengaruh pada kondisi utang Indonesia, hal ini juga berpengaruh kepada dunia usaha.Terutama bagi usaha yang mengandalkan bahan baku impor, yang transaksinya menggunakan dolar AS.

Namun, kata dia, hal positif dapat didapatkan industri yang menjalankan ekspor, karena akan mendapatkan penghasilan yang lebih besar.

“Pengaruh eksternal memang ada. Tapi kita lihat, kondisi ekonomi dalam Negeri baik-baik saja, sehingga seharusnya rupiah dalam kondisi stabil. Kita berharap, antisipasi dari pemerintah dan BI dapat mempercepat penguatan Rupiah, sehingga pelemahan ini hanya temporari saja,” pesan politisi PAN itu. (Alf)

tag: #dpr  #taufikkurniawan  #jokowi  #bank-indonesia  #wakilrakyat  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

MK Jamin Tak Ada Deadlock saat Pengambilan Keputusan Sengketa Pilpres

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 18 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Mahkamah Konstitusi (MK) menjamin tidak akan ada deadlock dalam pengambilan putusan sengketa Pilpres 2024. Saat ini, Hakim Konstitusi masih melaksanakan rapat ...
Berita

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Penyumbang Dividen Terbesar

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik ...