Berita
Oleh Ferdiansyah pada hari Minggu, 29 Apr 2018 - 07:40:25 WIB
Bagikan Berita ini :

Indonesia Tidak Mau Terlibat Konflik Laut China Selatan

43wiranto2.jpg.jpg
Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto (Sumber foto : ist)


JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Wiranto menyatakan bahwa Indonesia tidak ingin terlibat konflik di Laut China Selatan.

"Indonesia juga tidak mau terlibat urusan konflik di Laut China Selatan," kata Wiranto di sela KTT ke-32 ASEAN di Singapura, Sabtu (28/4/2018), seraya mengatakan Indonesia mendorong negara mana pun agar tidak menyulut konflik di kawasan ini.

Jika ada negara lain mengklaim memiliki konflik dengan Indonesia di kawasan itu, Wiranto menegaskan Indonesia tidak memiliki konflik di sana.

"Saya katakan tidak ada konflik. Tidak ada permasalahan soal batas negara antara kita dengan negara lain," kata Wiranto.

Menurut dia, semangat tak ingin berkonflik itulah yang terus harus dijaga agar kawasan itu tetap aman dan damai.

Indonesia juga mengharapkan seluruh pihak yang berkepentingan langsung di Laut China Selatan untuk mematuhi Code of Conduct (CoC) yang disusun untuk memelihara perdamaian di kawasan meski belum sepenuhnya disepakati.

"Indonesia terus-menerus mendorong disepakatinya CoC dalam setiap pertemuan termasuk saat pertemuan ASEAN atau saat pertemuan bilateral antara Indonesia dengan negara-negara yang terlibat selalu kita katakan bahwa Indonesia mendorong ke arah itu," kata dia.

Wiranto mengatakan, persoalan di Laut China Selatan fokus kepada penyelesaian sengketa dan mengarahkan kawasan kepada perdamaian.

Wiranto percaya setiap negara tidak menghendaki konflik berkepanjangan karena merugikan negara lain.

Ia percaya, dengan pendekatan-pendekatan yang mengedepankan dialog termasuk pendekatan bilateral, persoalan di Laut China Selatan bisa diatasi.(plt/ant)

tag: #wiranto  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

MK Jamin Tak Ada Deadlock saat Pengambilan Keputusan Sengketa Pilpres

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 18 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Mahkamah Konstitusi (MK) menjamin tidak akan ada deadlock dalam pengambilan putusan sengketa Pilpres 2024. Saat ini, Hakim Konstitusi masih melaksanakan rapat ...
Berita

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Penyumbang Dividen Terbesar

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik ...