Berita
Oleh Ferdiansyah pada hari Senin, 30 Apr 2018 - 11:23:39 WIB
Bagikan Berita ini :

Rekaman Percakapan Menteri Rini-Dirut PLN Viral, Apa Kata Jokowi?

57Jokowi-rini.jpg.jpg
Presiden Joko WIdodo dan Rini Soemarno (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Dunia media sosial dihebohkan dengan beredarnya rekaman percakapan Menteri BUMN Rini Soemarno dan Direktur Utama PT PLN (Persero) Sofyan Basir. Publik dibuat geger lantaran rekaman tersebut diduga membahas bagi-bagi fee dalam sebuah proyek. Lantas apa tanggapan Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait masalah tersebut?

"Saya tidak mau komentar sebelum semuanya jelas" kata Jokowi di Grand Sahid Jaya, Jakarta, Senin (30/4/2018).

Sebelumnya, Menteri BUMN Rini Soemarno buka suara atas viralnya rekaman pembicaraan dengan Direktur Utama PT PLN (Persero) Sofyan Basir.

Ia membantah percakapan dalam rekaman tersebut membicarakan bagi-bagi fee proyek.

Rini mengaku, pihaknya tak mengingat kapan pembicaraan itu dilakukan. Namun, Rini mengatakan, pembicaraan tersebut terkait pembangunan penyimpanan (storage) gas.

"Pak Sofyan (Direktur Utama PLN) sudah jelas kalau itu adalah apa namanya kapan ya saya juga udah nggak ingat kapan pembicaraan. Saya dengan Pak Sofyan membicarakan mengenai ada proposal untuk apa namanya storage gas yang kemudian minta offtake dari Pertamina tapi kemudian minta offtake juga dari PLN berarti kan kita menjadi punya risiko," jelas Rini di Karanganyar, Jawa Tengah, Sabtu (29/4/2018).

Sementaran, Sofyan Basir mengungkapkan, pembicaraan tersebut dilakukan pada akhir 2016. Ia mengaku saat itu tengah berkonsultasi dengan Rini terkait investasi PLN dan Pertamina dengan perusahaan swasta di bidang penyediaan energi.

"Pertama kali komunikasi kalau tidak salah akhir 2016. Saya tahu itu direkam, tapi enggak tahu kok dipotong-potong gitu lho," kata Sofyan saat ditemui di tempat yang sama.

Sofyan menambahkan, dia akan berencana membawanya ke ranah hukum. Sebab, percakapan itu diduga sengaja dipotong agar menimbulkan makna berbeda.

"Kayaknya gitu, kami akan masuk ke ranah hukum. Kalau itu lempeng-lempeng aja (tidak dipotong) bagus," ungkap dia.(yn)

tag: #rini-soemarno  #pln  #jokowi  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

TKN Akan Gelar Nobar Sidang Putusan Sengketa Pilpres

Oleh Sahlan Ake
pada hari Jumat, 19 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran bakal menggelar acara nonton bareng sidang putusan sengketa hasil Pilpres 2024. Acara itu akan digelar secara sederhana bersama ...
Berita

Kemenhub Catat Arus Mudik-Balik Lebaran 2024 Capai 242 Juta Orang

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melaporkan pergerakan secara nasional angkutan arus mudik-balik Lebaran 2024 mencapai 242 juta orang. Kemenhub menilai pelaksanaan ...