Berita
Oleh Ferdiansyah pada hari Kamis, 03 Mei 2018 - 05:34:09 WIB
Bagikan Berita ini :

Serap Investasi Rp5 Triliun, Bandara Kediri Masuk PSN

73luhutpanjaitan.jpg
Menko Maritim Luhut Binsar Pandjaitan (Sumber foto : ist)


JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan pembangunan bandara di Kediri, Jawa Timur, akan masuk dalam daftar Proyek Strategis Nasional (PSN).

"(Bandara) Kediri masuk di Proyek Strategis Nasional," katanya di Kemenko Kemaritiman Jakarta, Rabu (2/5/2018) malam.

Kendati tidak menjelaskan secara rinci, Luhut mengatakan keputusan masuknya bandara yang akan dibangun sepenuhnya oleh PT Gudang Garam Tbk itu sedang diurus.

"Sudah masuk lagi, keputusannya lagi diurus," katanya seraya menanggapi kabar bahwa proyek tersebut pernah gagal masuk dalam daftar PSN.

Dalam kesempatan yang sama, Staf Khusus Menko Maritim Atmadji Sumarkidjo mengatakan pembangunan bandara di Kediri diperlukan untuk memberikan akses masyarakat di kawasan selatan Jawa Timur terhadap transportasi udara.

"Masyarakat Jawa Timur bagian selatan itu kalau mau naik pesawat begitu harus dari Solo atau Surabaya itu berapa jam. Jauh sekali. Jadi memang butuh satu bandara di bagian selatan," katanya.

Diharapkan dengan masuknya proyek tersebut menjadi PSN maka proses pembangunanya bisa mendapatkan fasilitas kemudahan terutama terkait pembebasan lahan.

Sebelumnya, PT Gudang Garam Tbk berencana membangun bandara di Kediri, Jawa Timur, yang disebutnya merupakan program tanggung jawab sosial perusahaan.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan bandara itu akan dibangun pada akhir 2018 dan ditargetkan bisa mulai beroperasi akhir 2019.

Perusahaan rokok itu akan berperan sebagai investor bandara bekerja sama dengan PT Angkasa Pura II (Persero) yang memberikan jasa konsultasi pembangunan serta sebagai pengelola bandara.

Investasi yang dibutuhkan untuk pembangunan bandara mencapai sekitar Rp5 triliun

Meski dibangun sepenuhnya oleh swasta, bandara tersebut nantinya akan diserahkan kepemilikannya kepada pemerintah setelah selesai dibangun. (plt/ant)

tag: #luhut-binsar-pandjaitan  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

MK Jamin Tak Ada Deadlock saat Pengambilan Keputusan Sengketa Pilpres

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 18 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Mahkamah Konstitusi (MK) menjamin tidak akan ada deadlock dalam pengambilan putusan sengketa Pilpres 2024. Saat ini, Hakim Konstitusi masih melaksanakan rapat ...
Berita

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Penyumbang Dividen Terbesar

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik ...