Berita
Oleh Sahlan pada hari Senin, 07 Mei 2018 - 20:53:22 WIB
Bagikan Berita ini :

Ketua DPR Dorong Anggota Parlemen Publikasikan Kinerjanya

8Bamsoet-diskusi-publik.jpg.jpg
Ketua DPR dalam Diskusi Publik "Menyoal Akuntabilitas Angota DPR RI" di Jakarta, Senin (7/5) (Sumber foto : Humas DPR RI)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Bambang Soesatyo mengingatkan pentingnya akuntabilitas dan transparansi kinerja setiap anggota parlemen dalam menjalankan tugas dan fungsinya sebagai wakil rakyat. Publikasi penting dilakukan agar rakyat mengetahui apa saja yang dikerjakan para wakilnya di DPR.

"Saya meminta para anggota dewan agar mau mempublikasi kegiatannya melalui media sosial pribadi maupun whatsapp group. Ini dilakukan agar publik bisa mengetahui kegiatan di DPR, saat kunker ataupun di daerah pemilihan," ujar Ketua DPR dalam Diskusi Publik 'Menyoal Akuntabilitas Angota DPR RI' di Jakarta, Senin (7/5).

Politisi Golkar dengan panggilan akrab Bamsoet menuturkan hal ini dilakukan untuk menjadikan DPR lebih baik lagi dan bertransformasi menuju Parlemen Modern. Terlebih, melalui penerapan transparansi, teknologi informasi, dan representasi, DPR modern 'Jaman Now' diharapkan akan lebih dekat lagi dengan rakyat.

"Saat ini kita sedang membangun sistem agar berbagai kegiatan DPR RI, baik persidangan maupun kunjungan kerja, dapat diketahui rakyat secara real time melalui aplikasi DPR NOW yang bisa diinstal di handphone," ucap pria yang biasa disapa Bamsoet ini.

Dijelaskan Bamsoet, pihaknya juga melakukan kerjasamadengan berbagai pihak seperti KPK dalam pelaporan LHKPN, dan Dirjen Pajak dalam pelaporan pajak anggota.

"Juga membuat website khusus laporan pengaduan masyarakat dalam rangka mewujudkan transparasi di DPR," terang Bamsoet.

Dalam kesempatan itu, mantan Ketua Komisi III ini juga meminta para anggota DPR turut melibatkan Biro Pemberitaan Parlemen dalam setiap aktivitas kedewanan. Sehingga, berbagai kegiatan bisa di publikasikan melalui akun media sosial dan website resmi DPR, seperti TV, Radio Parlemen, maupun di buletin dan majalah DPR RI.

"Tahun 2017 lalu, DPR menerima dua penghargaan untuk kategori Website dan Media Sosial dari ajang kompetisi public relations yang diselenggarakan majalah Public Relations," kata Bamsoet.

Kompetisi tersebut, lanjutnya diikuti berbagai Biro Humas perusahaan swasta, BUMN, organisasi, lembaga kementerian, maupun pemerintah daerah. "Ini membuktikan bahwa kinerja Biro Pemberitaan Parlemen sudah cukup bagus, dan tentu akan terus kita tingkatkan," jelas Bamsoet.

Dalam acara diskusi tersebut, Bamsoet turut mengapresiasi langkah Akbar Faisal dari Fraksi Nasdem yang meluncurkan laporan kinerjanya sebagai anggota DPR. Menurut dia, sebagai representasi rakyat, maka kinerja Akbar Faisal maupun anggota lain memang harus dapat dipertanggungjawabkan kepada publik.

"Saya kenal baik saudara Akbar Faisal. Beliau sosok yang sangat kritis. Pandangannya sangat tajam dalam melakukan pengawasan terhadap pemerintah. Semua ia lakukan sebagai wujud pertanggungjawaban kepada konstituen yang memilihnya," ujarnya.

"Jika semua anggota DPR dapat melakukan hal yang serupa, tentu akan memperkuat kinerja dan citra DPR di mata publik," pungkas Bamsoet.(yn)

tag: #dpr  #bamsoet  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 28 Mar 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital. Melalui kerja sama dengan PT Jalin Pembayaran ...
Berita

DPR Sahkan RUU Daerah Khusus Jakarta Jadi UU

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --DPR RI resmi mengesahkan Rancangan Undang-Undang Daerah Khusus Jakarta (RUU DKJ) menjadi Undang-Undang (UU). Pengesahan dilakukan pada Rapat Paripurna DPR RI ke-14, di ...