Berita
Oleh Bara Ilyasa pada hari Rabu, 09 Mei 2018 - 03:26:06 WIB
Bagikan Berita ini :

Rupiah Jeblok, DPR Minta Gubernur BI Segera Pulang dari Luar Negeri

68156729_620.jpg.jpg
Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Martowardoyo (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Anggota Komisi XI DPR RI Mukhamad Misbakhun menyoroti penurunan nilai tukar rupiah yang kian mengkhawatirkan.

Sayangnya, kata dia, ditengah gejolak penurunan tersebut, Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Martowardoyo justru sibuk pelesiran melakukan perjalanan ke luar negeri dalam waktu yang cukup lama. Sementara sisa masa jabatan Agus tinggal menghitung waktu.

"Saya menduga sepertinya Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardoyo tidak ingin mewariskan nilai tukar rupiah yang kuat sebagai legacy jabatannya sebagai Gubernur Bank Indonesia," kata Misbakhun saat dihubungi, Selasa (8/5/2018).

Selain itu Misbakhun juga tidak habis pikir, posisi nilai tukar rupiah yang menembus angka 14.000/dollar ternyata tidak juga membuat Gubernur BI tergugah 'sense of crisis'nya, sehingga tidak merasa perlu mempercepat perjalanan dinasnya di luar negeri untuk segera kembali ke Tanah Air.

Padahal, lanjut dia, keadaan volatilitas nilai tukar rupiah ini sangat mengganggu stabilitas perekonomian nasional.

Dengan demikian, lanjut dia, mestinya BI harus mengambil langkah-langkah yang strategis untuk mengembalikan nilai tukar rupiah pada jalur penguatan yang mencerminkan kekuatan ekonomi nasional.

"Saya meminta Gubernur Bank Indonesia segera pulang dan memperpendek perjalanan dinasnya untuk mengurus nilai kurs rupiah yang jeblok ini," tegas dia.

Bahkan, diakui Misbakhun, belakangan tersiar kabar, bahwa Gubernur Bank Indonesia di sisa jabatan yang sudah akan habis masih melakukan mutasi jabatan dengan menempatkan orang-orang yang selama ini dianggap dekat dengan Gubernur BI untuk menduduki jabatan-jabatan strategis.

"Kebijakan mutasi tentunya akan sangat mengganggu Gubernur Bank Indonesia terpilih karena akan mengalami kesulitan ketika saat dilantik dan menduduki jabatan, bisa saja mengalami kesulitan menyusun formasi jabatan yang dikehendaki guna membangun kinerja Bank Indonesia yang lebih ideal dan berkinerja baik" pungkas dia. (Alf)

tag: #komisi-xi  #dpr  #bank-indonesia  #dolar  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Bacakan Eksepsi, Penasehat Hukum Robby Messa Sebut Dakwaan JPU Kabur Minta Kliennya Dibebaskan

Oleh Sahlan Ake
pada hari Selasa, 23 Apr 2024
MEDAN (TEROPONGSENAYAN) --Tim penasehat hukum terdakwa Robby Messa Nura, satu dari dua terdakwa kasus dugaan korupsi pengadaan Alat Pelindung Diri (APD) Covid-19 tahun 2020 yang merugikan keuangan ...
Berita

Ketum SOKSI Apresiasi Putusan MK dan Ucapkan Selamat Kepada Presiden-Wapres Terpilih Prabowo-Gibran

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional SOKSI. Ir. Ali Wongso Sinaga mengapresiasi tinggi amar putusan MK yang menolak permohonan gugatan Paslon 01 Anies -Amin dan Paslon 03 ...