Catatan Gde Siriana atas Kemenangan Mahatir
Oleh Gde Siriana Yusuf (Direktur Eksekutif Local Governance Strategic Studies -LOGOSS) pada hari Kamis, 10 Mei 2018 - 14:33:09 WIB

Bagikan Berita ini :

73gdesiriana3.jpg
Sumber foto : ist
Gde Siriana Yusuf


Kemenangan Mahatir mencetak rekor, menjadi PM tertua di dunia. Selain itu menang telak atas Najib yg incumbent dengan partai Bumiputera yg baru dibentuknya 2 tahun. Tetapi keberaniannya sebagai politisi tua yg menjual tema korupsi yg dilakukan incumbent menjadi kekuatan utama.

Selain itu kemampuannya merangkul musuhnya Anwar Ibrahim telah menyatukan oposisi melalui deal mengangkat Azizah istri Anwar Ibrahim sebagai wakil PM. Yang ketiga, publik Malaysia masih percaya kepada Mahatir, yang berjanji hanya menduduki posisi 2 tahun saja untuk dilanjutkan Azizah sebagai PM.

Kemenangan Mahatir bisa jadi akan menular ke Pilpres Indonesia. Setidaknya menjadi inspirasi bagi Kandidat capres yang akan melawan incumbent. Yaitu dalam hal kandidat berusia tua masih mampu mengalahkan incumbent.

Selamat Mahatir 'Mr. Clean' Mohamad.

TeropongKita adalah media warga. Setiap opini/berita di TeropongKita menjadi tanggung jawab Penulis

tag: #  

Bagikan Berita ini :

Tanggapan Anda atas berita ini?
TSPOLING

Pembaca teropongsenayan.com yth.

Polemik Ratna Sarumpaet, dalam waktu sekejap, membuka mata-telinga dan mengejutkan banyak kalangan. Termasuk mata dan telinga para politisi.

Setelah polisi membuktikan kebohongan Ratna, dan yang bersangkutan juga mengaku berbohong, polemik pun semakin kencang. Di sisi lain, beberapa kalangan menengarai polemik kebohongan Ratna berimplikasi terhadap elektabilitas pasangan calon (paslon) peserta Pilpres 2019. Yakni Joko Widodo-Ma'ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Menurut Anda, seperti apa dampak dari implikasi tersebut:

  • 1. Berpengaruh positif terhadap Joko Widodo-Maruf Amin
  • 2. Berpengaruh positif terhadap Prabowo Subianto-Sandiaga Uno
  • 3. Tidak berpengaruh terhadap masing-masing paslon
LIHAT HASIL POLING