Berita
Oleh Ferdiansyah pada hari Sabtu, 12 Mei 2018 - 09:09:48 WIB
Bagikan Berita ini :

Rupiah Anjlok, BI: Itu Faktor Musiman

48bank-indonesia.jpg.jpg
Ilustrasi (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) Dody Budi Waluyo berharap penguatan nilai tukar rupiah bisa terus terjadi dalam beberapa hari mendatang.

"Rupiah hari ini bagus, tadi sudah menguat. Ya, tentunya, mudah-mudahan terus bisa terjadi sampai beberapa hari ke depan," kata Dody ditemui di Jakarta, Jumat malam (11/5/2018).

Ia menilai, tekanan terhadap rupiah masih akan terus ada, mengingat suku bunga bank sentral Amerika Serikat/AS (The Federal Reserve/The Fed) juga kemungkinan akan naik dalam bulan-bulan ke depan.

"Artinya, terus kami akan waspada. Yang penting adalah BI terus jaga stabilitas," kata Dody.

Ia menjelaskan tekanan nilai tukar rupiah dalam beberapa waktu terakhir merupakan dampak dari menguatnya perkembangan ekonomi di AS, di mana mata uang dolar AS menguat cukup signifikan terhadap hampir terhadap seluruh mata uang di dunia.

Penguatan tersebut terutama didorong oleh terus meningkatnya suku bunga obligasi negara AS (yield US treasury) dan adanya potensi kenaikan suku bunga The Fed.

"Selain itu, depresiasi rupiah juga terkait dengan faktor musiman pemerintah di mana permintaan valas yang meningkat pada triwulan II untuk keperluan pembayaran utang luar negeri, pembiayaan impor, dan pembayaran deviden," kata Dody.

Ia meyakini depresiasi yang terjadi kepada rupiah secara umum relatif masih terjaga didukung oleh fundamental ekonomi Indonesia yang tetap kuat.

Nilai tukar rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta, Jumat sore (11/5) bergerak menguat sebesar 130 poin menjadi Rp13.943 dibandingkan posisi sebelumnya Rp14.073 per dolar AS.(yn/ant)

tag: #bank-indonesia  #rupiah  #dolar  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

MK Jamin Tak Ada Deadlock saat Pengambilan Keputusan Sengketa Pilpres

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 18 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Mahkamah Konstitusi (MK) menjamin tidak akan ada deadlock dalam pengambilan putusan sengketa Pilpres 2024. Saat ini, Hakim Konstitusi masih melaksanakan rapat ...
Berita

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Penyumbang Dividen Terbesar

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik ...