Jakarta
Oleh Alfian Risfil pada hari Sabtu, 12 Mei 2018 - 20:22:23 WIB
Bagikan Berita ini :

Gubernur Anies Ingin Sekolah Jadi Wajah Belajar yang Menyenangkan

48IMG-20180512-WA0025.jpg.jpg
Anies saat memberi sambutan di acara Pentas Seni SDN Menteng 01, Jl. Besuki No. 4 Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (12/5/2018). (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Sekolah merupakan tempat peserta didik untuk dapat memperoleh pendidikan, di sana ada proses pembelajaran bagi anak-anak.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berharap agar sekolah bukan semata menjadi sebuah lembaga formal tempat proses belajar-mengajar dalam sebuah sistem pendidikan.

Kata Anies, sekolah-sekolah di Jakarta harus mampu menjadi wadah proses pembelajaran yang dapat menumbuhkan segala potensi yang dimiliki setiap anak-anak di Jakarta.

“Sekolah yang baik adalah sekolah yang menumbuhkan potensi anak, dan itu harus menyenangkan. Kepada para bapak-ibu guru, tolong jadikan sekolah menjadi sekolah yang menyenangkan. Kita semua yang berada di dunia pendidikan paham persis bahwa yang dibutuhkan dari semua sekolah adalah menjadikan anak-anak sebagai pembelajar,” ujar Anies dalam sambutannya di kegiatan Pentas Seni SDN Menteng 01, Jl. Besuki No. 4 Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (12/5/2018).

Lebih lanjut, Anies mengatakan, salah satu cara untuk menumbuhkan potensi anak saat bersekolah adalah melalui pentas seni. Pentas seni merupakan kegiatan sekolah yang menyenangkan dan juga dapat membentuk kepercayaan diri anak-anak; kesemuanya itu merupakan proses pembelajaran, menjadi bekal setiap anak di masa mendatang.

“Pentas seni di depan panggung itu penting, moment yang sangat bermanfaat untuk pembentukan percaya diri anak kita. Dan pengalaman berada di atas panggung merupakan pengalaman yang unik bagi anak-anak. Pengalaman pentas ini menjadi bekal yang amat penting dikemudian hari. Kegiatan pentas seperti ini melatih seluruhnya bergerak. Berlatihnya, persiapannya, berada di panggung itu semua suatu proses pembelajaran,” jelasnya.

Anies juga mengingatkan agar orang tua turut berperan aktif dalam menumbuhkan potensi anak secara natural dan bertahap dengan proses, tanpa adanya paksaan.

“Orang tua terlibat untuk kegiatan pembelajaran, interaksinya. Dan kalau ini dilakukan insya Allah akan luar bisa. Jangan pernah mendorong anak harus mempesona hari ini,” tandasnya.

Di samping itu, Anies turut mengapreasi pentas seni yang diselenggarakan di SDN tempat di mana dulu Mantan Presiden Amerika Barak Obama bersekolah.

“Buat semua disini insya Allah pengalamannnya menjadi bermanfaat. Terima kasih saya berkesempatan untuk hadir di tempat ini, selamat meneruskan proses pendidikan, terus belajar dan semoga sekolah ini terus menjadi persemaian manusia baru. yang insya Allah dapat melampaui mimpi, jangan hanya sekedar mengejar mimpi,” pungkasnya. (Alf)

tag: #anies-baswedan  #pendidikan  #pemprov-dki  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Jakarta Lainnya
Jakarta

Mahasiswa Kecewa dengan Sikap KPK: Ancam Akan Lapor ke Jokowi

Oleh Sahlan Ake
pada hari Rabu, 10 Agu 2022
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Menggugat kembali melakukan aksi di depan Kantor Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas). Massa aksi ...
Jakarta

Muncul Nama Heru Budi Hartono Pengganti Anies Baswedan, Siapa Dia?

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Masa jabatan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan habis masa jabatan pada 16 Oktober 2022. Mengingat Pilkada baru digelar 2024, posisi Anies akan diisi oleh penjabat ...